Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Kader DPC PDIP Kabupaten Bandung Pelihara Pohon Yang Telah Ditanam

Kader DPC PDIP Kabupaten Bandung Pelihara Pohon Yang Telah Ditanam

Smallest Font
Largest Font

KABUPATEN BANDUNG, LIRIKNEWS – Dalam rangka HUT PDIP ke 48 para pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Bandung gelar kegiatan pemeliharaan pohon yang ditanam di Hutan Blok Cinyiruan, Kampung Citere, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (21/3/2021).

Ketua DPC PDIP Kabupaten Bandung, Harjoko Sangganagara mengungkapkan, memperingati HUT PDI Perjuangan Ke 48, pihaknya melaksanakan penanaman pohon, dan pohon-pohon yang telah di tanam tersebut, kata dia, maka perlu dipelihara agar bisa tumbuh dengan baik supaya menjadi hutan yang lebat disekitar mata air yang ada di wilayah tersebut.

“Setelah melakukan penanaman, maka kita rawat pohon yang telah di tanam waktu itu, sebab hutan kan harus dijaga, dibersihkan, dipelihara, selain itu, kita juga harus mengamankan lokasi karena di lokasi seperti itu banyak penjarahan,” ungkap Harjoko saat di wawancara.

Menurutnya, pemeliharaan pohon di hutan tersebut akan dilakukan sampai tanaman itu benar-benar tumbuh dan bagus, lalu nantinya akan diserahkan kepada masyarakat setempat untuk diperlihara, agar kelestarian alam tetap terjaga.

Dikatakan Harjoko, pohon-pohon yang mereka tanam merupakan pohon endemik karena kontur tanahnya miring dan menyerap air dengan baik. hanya saja yang mengecewakan adalah adanya oknum yang menjebol danau sehingga ikan-ikan yang disimpan disana sebagian hilang.

“Untungnya cepat ketahuan jadi kita langsung tutup lagi danau yang jebol,” ujarnya.

Harjoko menjelaskan, dalam kegiatan tersebut juga pihaknya berusaha mengamankan sumber mata air yang berada di danau sekitar hutan tersebut. Katanya, mata air itu merupakan salah satu mata air yang dimanfaatkan oleh Perumda Air Minum milik Kabupaten Bandung sehingga harus dijaga dan diselamatkan karena dipergunakan demi kepentingan air minum orang banyak.

“Kita juga mendengarkan aspirasi masyarakat terkait dengan lingkungan hidup,” jelasnya.

Untuk pemeliharaan sendiri, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintahan Kabupaten Bandung melalui DPRD supaya berkoordinasi dengan Bupati Terpilih, kedepan lokasi tersebut akan kita jadikan arboretum atau hutan kota.

Hal itu dirasa akan sejalan dengan kondisi kawasan tersebut yang memang merupakan jalur wisata yang dinamakan community base tourism. Jadi wisata berbasis komunitas, dimana wisata itu nanti dikembangkan masyarakat setempat.

“Disekitar situ kan banyak lokasi wisata seperti itu, yang dijual kan keindahan alamnya. Kita juga akan berkoordinasi dengan perkebunan setempat karena itu kan lahannya ada di wilayah perkebunan,” tutup Harjoko. (Ris/**)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow