Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Ratusan Guru Honorer Geruduk DPRD Kabupaten Bandung, Tagih Janji Reposisi

Ratusan Guru Honorer Geruduk DPRD Kabupaten Bandung, Tagih Janji Reposisi

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS - Ratusan guru honorer menggeruduk DPRD Kabupaten Bandung, Jumat (26/7/2024). Kedatangan mereka dalam rangka meminta atensi kepada anggota dewan terkait reposisi. 

Wakil Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Bandung Cecep Suhendar menerangkan, para guru yang mengajar di SD maupun SMP tersebut meminta agar dapat mengajar di sekolah yang dekat dengan rumahnya masing-masing.

“Jadi mereka ini ingin bisa mengajar di sekolah yang dekat dengan domisili mereka. Soalnya tadi ada guru yang tinggalnya di Garut, ngajarnya di Pangalengan, sehingga ketika sampai sekolah tidak langsung mengajar,” jelasnya. 

Cecep mengungkap, para guru tersebut telah merekomendasikan kepada Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Dinas Pendidikan untuk reposisi. Dinas Pendidikan pun menyetujui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. BKPSDM pun meneruskan rekomendasi tersebut ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 

“BKPSDM melalui Bupati merekomendasikan kepada Menpan-RB bahwa untuk yang P3K (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) 2023 untuk direposisi. Tapi dalam aturan kan pengobatan itu harus setelah lima tahun, sementara ini bisa reposisi, karena secara eksistingnya mereka kerepotan,” katanya.

Politisi Partai Golkar itu menekankan, jika para guru tersebut tidak meminta untuk berdinas di daerahnya, namun menginginkan sekolah yang dekat dengan domisilinya saat ini. Meski tak ada aturannya, diutarakan Cecep, idealnya guru mengajar di kecamatan tempat dirinya tinggal.

“Kan kalau dalam penempatan guru tidak ada sistem zonasi. Tapi idealnya, guru yang bersangkutan mengajar di satuan pendidikan yang satu kecamatan dengan tempat tinggalnya, tidak melewati beberapa kecamatan,” tuturnya.

Dirinya menyebut jika BKPSDM telah mengeluarkan undangan untuk reposisi dan penandatanganan perjanjian kepada 590 guru. Namun masih ada kurang lebih 200 orang yang belum terakomodir. 

“Jadi ada 200 orang yang belum terakomodir, padahal mereka sudah membuat usulan,” ungkapnya. (**)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow