Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Kunci Transformasi Keuangan dan Pertumbuhan Ekonomi Nasional Dengan Sistem Pembayaran Digital

Kunci Transformasi Keuangan dan Pertumbuhan Ekonomi Nasional Dengan Sistem Pembayaran Digital

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS - PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) bersama Telkom University mengadakan Seminar mengenai sistem pembayaran dan edukasi literasi keuangan digital.

Tema kegiatan terset yakni, “Tren Keuangan Digital sebagai Solusi Sistem Pembayaran Nasional”, kegiatan tersebut digelar di Auditorium Damar – Telkom University Bandung (27/5). 

Acara ini dihadiri lebih dari 200 peserta yang terdiri dari regulator, institusi perbankan dan keuangan, akademisi, mahasiswa dan media. Muhammad Nur - Kepala Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat dan Prof. Dr. Adiwijaya, S.Si, M.Si - Rektor Telkom University turut hadir sebagai Keynote Speaker dalam acara tersebut.

Seminar BISA PASTI (Bincang Santai Sistem Pembayaran Terkini) merupakan program yang diinisiasi oleh Artajasa, perusahaan penyedia infrastruktur sistem pembayaran terdepan di Indonesia, sebagai bentuk dukungan nyata Artajasa dalam peningkatan literasi sistem pembayaran dan keuangan digital kepada masyarakat, sebagaimana arahan dari Bank Indonesia. 

Melalui kegiatan seminar ini diharapkan dapat memberikan awareness dan pemahaman yang lebih dalam seputar sistem pembayaran di Indonesia, khususnya bagi para mahasiswa dan seluruh stakeholder yang terlibat dalam acara tersebut. 

“Seiring dengan perkembangan keuangan digital yang terus bertransformasi secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, Artajasa melihat pentingnya melakukan edukasi dan sosialisasi secara menyeluruh mengenai layanan sistem pembayaran digital kepada masyarakat," Heru Perwito, Director of Business Artajasa dalam sambutan pembuka Seminar ini. 

"Tentunya melalui sinergi bersama regulator, institusi perbankan dan keuangan, akademisi, mahasiswa, masyarakat serta media, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan, meningkatkan customer experience atas layanan-layanan digital sistem pembayaran di Indonesia dan turut mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” sambungnya.  

Berbekal pengalaman hampir 25 tahun melayani berbagai institusi perbankan dan keuangan untuk layanan Switching, diantaranya ATM Bersama, Debit GPN, QRIS, dan terkoneksi ke 98 bank, dan lebih dari 82 ribu terminal ATM, serta terhubung dengan 31,44 juta merchant QRIS dan juga terhubung dengan lebih dari 300 institusi di berbagai industri untuk layanan Payment, ARTAJASA mengedepankan semangat dan terobosan baru dalam sistem pembayaran melalui berbagai inovasi layanannya. 

Sementara itu, Prof. Dr. Adiwijaya, S.Si, M.Si - Rektor Telkom University menyampaikan bahwa organisasi yang baik harus memperhatikan tiga hal penting yaitu, people, process (visi dan strategi), dan technology (digitalisasi). 

"Di Telkom University, digitalisasi telah terimplementasi di segala layanan, termasuk dalam pendidikan yang tidak hanya berfokus pada transfer knowledge, namun juga menginspirasi, membangun karakter, dan akhlak mulia," ungkap Prof Adiwijaya.

“Kami berharap kolaborasi yang terjalin pada hari ini bisa menelurkan banyak inovasi untuk mendorong tren digitalisasi keuangan masa depan. Sehingga kebermanfaatannya tidak hanya dirasakan oleh Tel-U dan Artajasa, namun lebih luas bagi bangsa ini," tandasnya.

Kegiatan ini juga, melibatkan pelaku industri perbankan dan keuangan, seperti Bank BJB dan DANA sebagai narasumber diskusi panel, yang juga telah melakukan transformasi digital dalam layanannya untuk memberikan kemudahan akses keuangan digital bagi para nasabahnya. 

Tidak ketinggal, Ruri Octari Dinata SE., MSA – Dosen Akuntansi Telkom University pun turut hadir sebagai narasumber diskusi panel tersebut dan memberikan pandangannya mengenai literasi keuangan dan gaya hidup cashless khususnya bagi Gen Z. (Yul)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow