Hari Keenam Tiga Korban Ditemukan, Total Korban dalam Pencarian 16 Orang

SUMEDANG, LIRIKNEWS.COM – Selama enam hari, Tim SAR Gabungan telah menemukan 24 korban dalam keadaan meninggal dunia tertimbun material longsor Sumedang, yang terjadi pada Sabtu (9/1/2021).

“Hari keenam ini, sebanyak tiga orang korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di sektor 1, yang diduga merupakan tempat hajat warga ketika longsor susulan terjadi,” ungkap Kepala Basarnas Bandung, Deden Ridwansyah, saat memberikan keterangannya, Kamis (14/1).

Adapun korban pertama hari ini, kata Deden, ditemukan pada pukul 09.00 WIB berjenis kelamin laki laki bernama Yayat (42), pukul 12.35 WIB tim kembali menemukan korban berjenis kelamin laki laki bernama M Yusuf (13) dan korban ketiga ditemukan pada pukul 12.51 WIB berjenis kelamin laki laki bernama Syarip (22).

Hari ini, lanjut Deden, selain melakukan pencarian menggunakan 3 unit alkon, 4 unit excavator juga diturunkan untuk membantu mengangkat material longsor serta satu rumah yang dirobohkan untuk mempermudah akses excavator ketika bekerja mengeruk material longsor di titik titik yang diduga banyak korban tertimbun.

Total Jumlah Korban : 65 Orang
Total Jumlah Korban Selamat : 25 Orang
Total Korban Meninggal Dunia : 24 Orang
Total Korban Dalam Pencarian: 16

“Cuaca serta tebalnya material longsor masih menjadi kendala yang ditemui tim di lapangan. Hingga pukul 19.00 WIB pencarian dihentikan sementara karena hujan deras namun 1 unit excavator masih melakukan pengerukan material longsor,” kata Deden.

Dikatakan Deden, alut yang digunakan hari ini yaitu 4 Unit Alat berat , 7 Unit Alkon, Peralatan Ekstrikasi, Peralatan komunikasi, Peralatan medis dan APD Personal.Dengan unsurs yang terlibat sebanyak 565 Personil yang terdiri dari Basarnas Bandung, BPBD Pov Jabar & Sumedang, Tim DVI Polda Jabar, TNI/POLRI, PMI Prov Jabar, Dinkes Sumedang, Potensi SAR Jawa Barat dan Potensi SAR Jawa Tengah.

“Sebelumnya longsor terjadi di Ds Cihanjuang Kec Cimanggung Kab Sumedang pada Sabtu (09/12) sekitar pukul 16.45 WIB dan longsor susulan sekitar pukul 19.30 WIB yang menyebabkan lebih banyak korban tertimbun karena pada saat itu banyak warga dan Tim SAR Gabungan yang sedang melakukan evakuasi dan pendataan terhadap jumlah korban pada longsor pertama,” tandasnya. (Ris/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *