Sembilan Orang Hilang Pasca Banjir Bandang dan Longsor di Kampung Gintung Cipongkor

LIRIKNEWS – Sembilan orang dilaporkan hilang saat kejadian banjir bandang dan tanah longsor yang menyapu Kampung Gintung, Desa Sinargalih dan Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (24/3/2024) Pukul 23.00 WIB.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung, Hery marantika, S.H.,M.Si mengatakan, tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas, TNI, POLRI, PemPusat, PemDawrah, BUMN, BUMD, Penggiat kemanusiaan, Komunitas dan masyarakat masih melakukan pencarian sembilan orang yang hilang pasca terjadinya banjir bandang dan tanah longsor.

“Awal korban ada 11 orang, setelag dilakukan pencarian 2 orang selamat dan 9 orang masih dalam pencarian,” ungkap Hery saat di wawancara, Senin (25/3/2024).

Saat ini, kata Hery, tim SAR gabungan telah melakukan pemetaan, mulai dari peralatan dan jumlah personel yang akan di terjun ke lapangan.

“Kita sudah petakan ada 3 lokasi pencarian yang saat ini sedang di fokuskan dan akan kita bagi alat beserta personel yang akan diterjunkan ke 3 titik tersebut,” kata Hery.

Hery juga menjelaskan, teknik untuk alat berat tidak memungkin di datangkan ke lokasi kejadian. Namun pihaknya akan mengupayakan melalui alkon.

“Sekarang sudah ada alkon dari pemerintah daerah dan BPBD sudah datang, kemungkinan akan bisa membantu,” jelasnya.

“Sedangkan alat berat apapun saat ini tidak bisa masuk untuk membantu, pasalnya lokasi kejadian11 hanya bisa dilalui dengan kendaraan roda dua,” sambungnya.

Hery juga ngatakan, kejadian ini membuat sebagian besar masyarakat setempat mengungsi ke bangunan Sekolah Dasar dan GOR, dimana posko gabungan didirikan.

“Jumlah masyarakat yang mengungsi sekitar 400 jiwa atau 55 kepala keluarga dan 25 unit rumah rusak berat,” ujarnya.

“Setelah melakukan asessment dengan menggunakan Drone, Tim SAR gabungan membagi titik pencarian jadi 3 Sektor. Karena minimnya akses yang tidak bisa dilalui alat berat, Tim SAR gabungan mengandalkan Alkon dan K9 Polres Cimahi,” pungkasnya. (Yul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *