Bupati Bandung Tinjau Tempat Penghitungan Suara Pemilu yang Tersapu Angin Puting Beliung

LIRIKNEWS – Bupati Bandung Dr. H. M. Dadang Supriatna meninjau langsung lokasi terdampak bencana angin puting beliung di Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung, sekitar pukul 19.30 WIB, Rabu (21/2/2024) kemarin.

Lokasi terdampak bencana, yakni Gedung Language Educatuon Centre (LEC) yang digunakan sebagai tempat rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara Pemilu 2024 Kecamatan Cicalengka, di Jalan Raya Rancaekek-Cicalengka.

“Saya turun langsung ke lapangan untuk mengecek dan melakukan assesment terkait kerusakan yang terjadi, serta membantu untuk menyelesaikannya secepat mungkin melalui dana Bantuan Tidak Terduga (BTT),” kata Bupati Bandung.

Namun pada prinsipnya, lanjut Bupati Bandung, logistik pemilu di Gedung LEC yang digunakan sebagai gudang logistik PPK Cicalengka dalam kondisi aman dari sebanyak 12 desa.  

“Jadi memang pada saat rekapitulasi dilakukan baru sampai 1 desa penghitungannya, tiba-tiba terjadi bencana puting beliung yang mengakibatkan bocornya atap gudang logistik gudang PPK Cicalengka,” ungkap Kang DS panggilan akrab Bupati Bandung.

“Namun sekarang logistik surat suara sudah diamankan di gudang yang lebih steril dan sudah dalam keadaan terkunci rapat. Sehingga logistik surat suara pemilu 2024 di Gudang PPK Cicalengka dalam keadaan kondisi aman,” sambungnya.

Ia juga menambahkan, dengan kondisi bocornya atap gedung dan listrik padam, rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 di Gudang PPK Cicalengka dihentikan sementara.

“Sementara malam ini penghitungan suara ditunda dulu. Sampai besok pagi akan dilakukan konsolidasi lagi dari pihak PPK termasuk KPU beserta Bawaslu, untuk melanjutkan penghitungan suara,” jelasnya.

“Sehingga proses rekapitulasi di gudang PPK Cicalengka ini bisa berjalan lancar tanpa hambatan lagi,” ujar Kang DS.

Di sekitar lokasi tersebut juga terjadi pohon tumbang sekitar pukul 16.30 WIB, yang mengakibatkan batang pohon bersar tersebut menghalangi Jalan Raya Bypass Rancaekek-Cicalengka.

Tapi kejadian pohon tumbang semua sudah diatasi dengan cepat oleh Tim Rescue Cicalengka dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Banudng dengan memotong pohon yang tumbang menggunakan chain saw, sehingga arus lalu lintas kembali lancar.

Bencana angin puting beliung juga memporak porandakan pohon di jalan raya, termasuk sebagian bangunan PT Kahatex termasuk beberapa papan reklame di Jalan Raya Bypass Rancaekek jadi porak poranda.(**/Yul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *