Sebanyak 500 KK Terendam Banjir Dampak Jebolnya Tanggul Sungai Cisunggalah

SOLOKANJERUK, Liriknews – Banjir merendam pemukiman warga RW 01 dan RW 02 Desa Panyadap, Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Selasa (1/6/2021) malam.

Menurut informasi banjir tersebut bukan diakibatkan hujan deras, namun karena tanggul Jebol, sehingga ribuan warga terkena dampak jebolnya tanggul tersebut.

Ketua RW 02 Desa Panyadap, Taufik mengungkapkan, tanggul jebol terjadi sekitar Pukul 23.10 WIB. Sehingga, kata dia, air merendam wilayah RW 01 RT 03, RW 02 RT 01, RT 02 dan RT 03.

“Tanggul yang jebol sekitar 20 sampai 30 meter, Warga yang terkena dampak kurang lebih 500 KK dan 1.200 jiwa,” ungkap Taufik saat memberikan keterangannya, Rabu (2/6/2021) sekitar Pukul 01.46 WIB.

Dikatakan Taufik, ketinggian Air, sekitar 150 Centimeter. Menurutnya, jembatan yang terhubung antara dua Desa yakni Desa Panyadap dan Desa Bojong untuk sementara ditutup, hal tersebut karena volume air terus meningkat.

Taufik juga menjelaskan, saat ini sebagian warga sudah di evakuasi, tetapi ada beberapa warga yang masih terjebak di rumah, karena akses jalan sudah tidak bisa dilalui.

Sebelumnya, kata dia, pihaknya sudah memberikan informasi, agar masyarakat yang berada di lintasan Sungai Cisunggalah untuk siap siaga dan mengantisipasi jebolnya tanggul, pasalnya air sungai terus meningkat.

“Hingga saat ini air masih tinggi. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, namun sebagian warga masih dilakukan evakuasi, kami berharap dinas terkait agar cepat memberikan bantuan,” tandasnya. (Ris/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *