Generasi Muda Jangan Jadi Generasi Rebahan

KABUPATEN BANDUNG, LIRIKNEWS – Pesatnya teknologi informasi dewasa ini, menurut Wakil Bupati (Wabup) Bandung Sahrul Gunawan harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para generasi muda, khususnya di Kabupaten Bandung.

Hal itu disampaikan Wabup usai acara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-113 tingkat Kabupaten Bandung di Gedung Moh. Toha Soreang, Kamis (20/5/2021).

“Pemuda harus lebih bisa memanfaatkan teknologi informasi, tidak menjadi generasi rebahan yang bisa seenaknya mengungkapkan hal-hal yang tidak bermanfaat. Sampaikan kritik dengan cara santun dan membangun,” imbuh Wabup Sahrul Gunawan.

Pemuda sebagai bagian dari masyarakat, kata Sahrul, juga memiliki fungsi pengawasan dalam pembangunan dan program-program pemerintah.

Oleh karenanya ia berharap, program yang digagasnya bersama Bupati Dadang Supriatna, untuk menampung aspirasi dan pengawasan masyarakat terhadap pemerintah bisa segera terealisasi.

Ketika wadah dan ruang pengawasan tersebut bisa berfungsi dengan baik, kata Sahrul, pemuda akan menjadi inisiator untuk mengumpulkan kekuatan dari generasi muda lainnya.

“Masyarakat harus dilibatkan dalam fungsi pengawasan, dan ini menuntut peran dari para pemuda. Hayu pemuda Kabupaten Bandung, jangan mengkritik tanpa solusi, munculkan ide-ide kreatif dan brilian, dan berikan kontribusi terbaik,” pesan Sahrul.

Sebelumnya, Pemkab Bandung dan seluruh pemerintah daerah di Indonesia, mengikuti upacara Harkitnas tingkat nasional secara virtual.

Mengambil tema ‘Bangkit! ‘Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!’, upacara dipimpin oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G. Plate sebagai inspektur upacara.

Dalam pidatonya, Menkominfo menyatakan, peringatan Harkitnas merupakan titik awal membangun kesadaran untuk bergerak mengatasi berbagai permasalahan bangsa Indonesia.

“Mimpi kita adalah tancap gas memacu ekonomi dan kemajuan peradaban sebagai simbol kebangkitan bangsa. Menuju Indonesia digital, semakin digital akan semakin maju,” tandas Menkominfo.

Pandemi yang telah berlangsung selama setahun lebih, kata Johnny, bisa mendorong masyarakat untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan dinamika yang ada.

Tujuan peringatan Harkitnas ke-133, tuturnya, adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong-royong sebagai landasan dalam melaksanakan pembangunan. “Selalu optimis menghadapi masa depan, untuk mempercepat pulihnya bangsa kita dari Pandemi Covid-19” pungkas Johnny. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *