Tahun Kedua Rekrut Calon Anggota Polri Dimasa Pandemi

KABUPATEN BANDUNG, LIRIKNEWS – Penerimaan calon anggota Polri Tahun 2021 secara nasional taruna Akpol, bintara dan tamtama, merupakan tahun kedua dimasa Pandemi Covid-19.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan membenarkan bahwa tahun ini merupakan tahun ke-2 dilaksanakan dalam kondisi Pandemi Covid-19, sehingga mau tidak mau harus tetap dilaksanakan, namun tetap dengan protokol kesehatan.

“Tadi kita lihat, para peserta dikasih jarak dengan menerapkan protokol kesehatan, walaupun sangat beresiko buat kita. mudah-mudahan dengan semua anggota polri di vaksin bisa mengurangi beban psikologis,” kata Hendra saat di wawancara, disela-sela pemantauan pemeriksaan administrasi awal, di Si Jalak Harupat, Kamis (15/4/2021).

Dikatakan Hendra, jumlah amino yang terverifikasi tahun ini di Polresta Bandung sebanyak 1.169 orang, diantaranya taruna Akpol 72 orang, Bintara Polisi Tugas Umum 905 orang, Bintara TI 107 orang, Tamtama Brimob 77 orang dan Tamtama Polair 8 orang.

Saat ini, kata Hendra, masih kegiatan pemeriksaan administrasi awal. Rekrutmen kali ini, mempersiapkan bibit-bibit personel Polri yang unggul dan bermoral di era Police 4.0.

“Berbagai upaya yang dilakukan antara lain dengan menggelar program rekrutmen proaktif, dan melibatkan pengawas eksternal dan pengawas internal untuk menjamin mutu hasil rekrutmen,” kata Hendra.

Hendra juga menjelaskan, rekrutmen ini menjalin kerjasama dengan lintas sektoral dan seluruh elemen masyarakat. Hal tersebut guna mengawal dan mengawasi penerimaan anggota Polri pada tahun ini juga memperkuat kerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan.

Antara lain dengan Dinas pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bandung, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), tokoh masyarakat, tokoh agama serta wartawan.

“Kepada panitia penerimaan diimbau agar memelihara integritas serta menjaga nama baik pribadi dan institusi dalam menjalankan seluruh rangkaian seleksi penerimaan,” jelasnya.

Dengan seleksi yang Bersih, Transparan, akuntabel dan Humanis (Betah), Hendra berharap akan terpilih terseleksi calon calon anggota Polri yang berkualitas ke depannya.

“Junjung tinggi prinsip “Betah” serta hindari perilaku koruptif sehingga penerimaan kali ini akan benar-benar berjalan dengan clear and clean,” tegasnya.

Menurutnya, setiap tahun polisi perlu penambahan jumlah personel, karena permasalahan klasik, dengan jumlah kurangnya personil. “Kekurangan personel karena adanya yang pensiun, yang meninggal dan yang sakit. Makannya setiap tahun dilakukan penerimaan seleksi untuk calon anggota Polri,” kata Hendra.

Saat ini, lanjut Hendra, personel Polresta Bandung sekitar 1.744 personel, sedangkan yang dibutuhkan mencapai 2500 personel, sehingga masih sangat kekurangan.

“Apalagi saat ini, Polresta Bandung naik tipologi nya, ditambah lagi adanya Polsek Cangkuang. Saat ini jumlah Polsek di wilayah Polresta Bandung sebanyak 26 Polsek, sehingga masih kurang banyak personel Polresta Bandung,” tutup Hendra. (Ris/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *