Lapas Kelas IIA Banceuy Melakukan Razia 20 Kamar Hunian

BANDUNG, LIRIKNEWS.COM – Guna penerapan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), Lapas Kelas IIA Banceuy, Kota Bandung, melakukan razia 20 kamar hunian, Rabu (3/2/2021) sekitar Pukul 20.30 WIB.

Kalapas Lapas Kelas IIA Banceuy, Tri Saptono Sambudji memimpin langsung untuk melaksanakan Inspeksi Mendadak (Sidak) pada 20 Kamar Hunian. Kegiatan ini dilaksanakan Oleh Kalapas dengan kekuatan penuh bersama Kepala Keamanan, seluruh pejabat struktural, Anggota Regu Pengamanan, dan jajaran Staf berjumlah 40 personil.

“Kami berkomitmen untuk mewujudkan Banceuy Bersinar Bersih dari Perdaran Narkoba, Ini adalah salah satu upaya kami yang rutin dilaksanakan, dan kedepan akan terus kami lakukan Guna strategi penerapan P4GN,” ungkap Tri usai sidak.

Dikatakan Tri, hasil kegiatan ini menjadi acuan untuk terus bersinergi dengan pihak Kepolisian, BNN dan pihak pihak terkait. Menurutnya, upaya pencegahan peredaran narkoba dan barang terlarang di lingkungan Lapas Kelas IIA Banceuy Bandung, diterapkan di berbagai area.

Upaya pencegahan tersebut, kata Tri, yakni penambahan jaringan setinggi 4 meter di sekeliling pagar Lapas, hal ini untuk menghalau barang terlarang yang masuk dengan cara pelemparan.

Selain itu, lanjutnya, penertiban lalu lintas P2U Pintu utama, dengan mewajibkan seluruh petugas yang melintas untuk menyimpan alat komunikasi HP, di loker yang telah di sediakan. Dan mewajibkan jajaran struktural hingga Bapa Kalapas langsung untuk ikut berjaga bergantian untuk mengawasi lalu lintas orang dan barang di P2U, serta memastikan Penggeledahan berjalan ketat dan sesuai standar operasional.

“Hal-Hal diatas ditegakan guna menekan, menertibkan, upaya penyimpangan
peredaran Alat Komunikasi, Barang-Barang terlarang khususnya narkoba di lingkungan lapas kelas IIA Banceuy Bandung,” kata Tri.

Terbukti, ucap Tri, pada kurun waktu tahun 2020 Lapas Kelas IIA Banceuy dapat menggagalkan 14 kali upaya penyelundupan, Narkoba, Barang Terlarang, dengan berbagai macam modus operandi,Disimpan dalam Tahu, Dilempar melewati pagar tembok pembatas, dibungkus botol minuman, dan berbagai cara lain.

“Penggalan demi penggalan tersebut Akhirnya membawa Lapas Kelas IIA Banceuy Bandung diganjar penghargaan dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan sebagai Unit pelaksana teknis terbanyak melaksanakan penggagalan penyelundupan,” jelasnya.

Tentu, ungkap Tri, Ia beserta Seluruh Jajaran Pejabat dan Staf Lapas Kelas IIA Banceuy ingin mempertahankan prestasi tersebut, bahkan lebih baik lagi pada Tahun 2021 ini.

“Hal ini tentu bisa terwujud dengan solid dan kekompakan organisasi dan tak kalah penting adalah dukungan juga bantuan masyarakat luas,” ujarnya.

Kini, kata Tri, masyarakat luas bisa memberikan laporan terkait peredaran penyalahgunaan narkoba di lingkungan lapas melalui portal http://lapornarkoba.ditjenpas.go.id/atau Nomor Layanan dan Pelaporan Lapas Kelas IIA Banceuy di Nomor 0812-2121-3052 .

“Lapas Banceuy Bersinar Bersih dari Narkoba,” tutup Tri. (Ris/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *