Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Sebagai Bentuk Penghargaan Pada Ketua Umum PDI Perjuangan, DPC Kabupaten Bandung Menanam Pohon

Sebagai Bentuk Penghargaan Pada Ketua Umum PDI Perjuangan, DPC Kabupaten Bandung Menanam Pohon

Smallest Font
Largest Font

KABUPATEN BANDUNG, LIRIKNEWS.COM – Dalam rangka peringatan ulang tahun PDI Perjuangan ke-48, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung memilih melakukan kegiatan penanaman pohon, di Leuweung Citere Blok Cinyiruan Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Minggu (31/1/2021).

Pasalnya, kualitas lingkungan hidup di Kabupaten Bandung terus mengalami penurunan.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung Harjoko Sangganagara mengatakan, kegiatan penanaman kali ini dalam rangka memperingati hari lahir PDI Perjuangan yang ke-48.

Selain itu, kata Harjoko, kegiatan penanaman pohon itu juga dilakukan sebagai bentuk penghargaan kepada Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri yang berulangtahun ke 74 pada tanggal 23 Januari 2021 lalu.

“Penanaman pohon ini serentak dilakukan di Jawa Barat, sebagai dedikasi kepada Ibu Megawati, menghargai beliau yang telah menjadi pahlawan lingkungan,” kata Harjoko saat ditemui di lokasi penanaman.

Menurut Harjoko, penanaman pohon sudah menjadi ritual selama beberapa tahun terakhir, karena lingkungan alam sedang mengalami degradasi dan penurunan kualitas.

Harjoko juga menyebutkan, bagi PDI Perjuangan menjaga mata air itu ada filosofinya, Bandung bukan hanya mata air untuk Sungai Citarum, namun juga merupakan ideologi PDI Perjuangan karena marhaenisme dan ideologi Pancasila itu di Bandung bermulanya.

“Banjir di musim hujan, kekeringan di musim kemarau, itu karena lingkungan kita sudah mengalami penurunan kualitas,” ujarnya.

Harjoko menjelaskan, di area sekitar Leuweung Citere dulunya merupakan danau, namun mengalami sedimentasi hingga menjadi daratan, kemudian para aktivis lingkungan di sekitarnya menggali kembali (merestorasi) hingga kemudian ditemukan ada sekitar 17 mata air.

“Hal ini merupakan salah satu bukti lingkungan kita sudah mengalami penurunan kualitas. Maka kita bersama-sama ini ingin mencoba memperbaiki lagi kualitas lingkungan yang sudah rusak tersebut,” tutup Harjoko. (Ris/**)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow