Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Jibom Gegana Sat Brimob Polda Jabar Tangani Bom jenis Munisi Militer

Jibom Gegana Sat Brimob Polda Jabar Tangani Bom jenis Munisi Militer

Smallest Font
Largest Font

BANDUNG, LIRIKNEWS.COM – Sebuah Bom jenis Munisi Militer diduga sisa perang dunia ke 2 ditemukan di area pemukiman warga di Desa Cipatat, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (9/1/2021).

Adanya informasi tersebut, Tim Sat Brimob Polda Jabar bergerak, satu Unit Jibom beranggotakan sepuluh personel dipimpin Panit 1 Subden 2, berangkat ke Polsek Cipatat Kabupaten Bandung Barat untuk menindaklanjuti laporan dan langsung ke tempat lokasi penemuan.

Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol Yuri Karsono, SIK menyatakan, bahwa penemuan Bom ini bermula dari hasil laporan masyarakat yang hendak menggali kebun. Kemudian, katanya. Masyarakat langsung melaporkan temuan tersebut ke Polsek setempat.

Setelah adanya laporan tersebut, lanjutnya, petugas Polsek Cipatat KBB langsung ke lokasi penemuan Bom tersebut untuk melaksanakan pengecekan dan pemasangan police line.

“Setelah itu, petugas Unit Jibom Detasemen Gegana Brimob Polda Jabar datang ke lokasi untuk pengamanan dan disposal,” ungkap Yuri.

Tiba Di TKP, kata Yuri, tim unit penjinak Bom ini langsung bergerak dengan memeriksa dan mengamankan temuan Bom jenis Munisi Militer yang masih aktif tersebut

“Masih aktif, dan berbahaya bisa meledak apabila BOM tersebut salah dalam penanganannya. Setelah diadakan pemeriksaan, maka diputuskan Bom tersebut akan dihancurkan (disposal) di lokasi penemuan untuk menghindari bahaya ledakan yang bisa terjadi kapanpun,” jelasnya.

Yuri juga mengatakan, setelah berhasil mendisposal munisi Bom tersebut, unit Jibom bergerak menuju Koramil 1213/Cigalontang untuk dilakukan serah terima barang bukti bahwa munisi Bom telah dihancurkan dan dibuatkan Berita Acara di serah terimakan kepada Kapolsek Cipatat diwakili oleh Kanit Reskrim Polsek Cipatat yang nantinya akan di lanjutkan serah terima kepada pihak TNI oleh Kapolsek Cipatat.

“Sesuai dengan Peraturan dan Perkap Kapolri, bahwa munisi Bom ini menjadi ranah militer dalam hal ini TNI, untuk itu kita hanya membantu menangani dan menjinakkan munisi militer tersebut kemudian menyerahkannya kepada satuan TNI, untuk dilakukan penanganan lebih lanjut,” kata Yuri.

Yuri menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Bakti Sat Brimob Polda Jabar untuk masyarakat dalam menghadirkan Negara di tengah-tengah masyarakat.

“Ini merupakan wujud Bakti Sat Brimob Polda Jabar dalam hal ini di wilayah Bandung Barat, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta kedekatan emosional antara Sat Brimob Polda Jabar dengan Masyarakat,” tandasnya. (Ris/**)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow