Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Sosok Kang DS Sangat Sederhana dan Merakyat, Harapan Warga: Bedas Lanjutkan Periode Kedua

Sosok Kang DS Sangat Sederhana dan Merakyat, Harapan Warga: Bedas Lanjutkan Periode Kedua

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS -- Bupati Bandung Dr. HM. Dadang Supriatna, S.Ip., M.Si, yang kerap di panggil Kang DS merupakan sosok sederhana dan merakyat. 

Kang DS ini segudang pengalaman, mulai dari pengalaman jadi Kepala Desa Tegalluar, Organisasi Kemasyarakatan, sampai anggota DPRD hingga puncak kepemimpinan di Kabupaten Bandung.

Hal ini diungkapkan H. Basri, warga Kabupaten Bandung saat ditemui di Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (20/7/2024).

"Kang DS (Kang Dadang Supriatna) ini jadi orang nomor satu di Kabupaten Bandung, sebelumnya melewati perjalanan panjang. Saya sebagai masyarakat melihat sosok Kang DS ini sangat luar biasa," tutur Basri. 

Kang DS, kata dia, tentunya tidak begitu saja jadi Bupati Bandung. "Tetapi pengalaman-pengalaman yang ditorehkan beliau sangat luar biasa," ujarnya.

"Maka, kenapa Kang DS itu dekat dengan hati masyarakat, Karena tahu persis bagaimana masyarakat di Kabupaten Bandung, termasuk beliau itu orangnya sangat dekat dengan masyarakat," sambungnya.

Ia juga melihat proses perjalanan Kang DS sebagai orang asli desa, warga Kampung Sapan Desa Tegalluar Kecamatan Bojongsoang. Apalagi Sapan itu merupakan daerah pertanian, sehingga Kang DS tahu persis masyarakat yang ada di pedesaan.

"Berangkat dari situlah, Kang DS punya cita-cita yang sangat luar biasa. Ingin merubah bagaimana masyarakat pada waktu itu daerah Tegalluar yang berbatas antara Kabupaten Bandung dengan Kota Bandung, daerahnya terpencil. Maka Kang DS berangkatnya dari Kepala Desa sampai dipuncaknya sekarang," tuturnya.

"Itu sudah tahu bagaimana ingin merubah tatanan kehidupan masyarakat. Agar masyarakat di Kabupaten Bandung itu bisa sejahtera. Maka akhirnya, beliau ditakdirkan menjadi orang nomor satu di Kabupaten Bandung," imbuhnya. 

Karena berangkat dari karakter Kang DS itu sederhana. Kedua orang tuanya juga seorang petani dan pengrajin bata merah. 

"Beliau juga sejak sekolah di SLTA sudah ikut orang tuanya bikin bata merah. Termasuk sampai jualan bata merah," ucapnya. 

Basri menjelaskan pada diri Kang DS itu ada jiwa enterpreuner. Karena jiwa enterpreuner atau jiwa kepemimpinannya itu sudah diasah sejak kecil. 

"Maka wajar kalau hari ini Kang DS jadi orang nomor satu di Kabupaten Bandung. Ini barang kali istiqomah beliau dalam meraih sebuah cita-cita itu dengan peurih (kata bahasa Sunda)," katanya.

Berangkat dari situ, imbuhnya, Kang DS punya cita-cita yang sangat besar. Terbukti,  hari ini ketika Kang DS diberikan amanah oleh masyarakat Kabupaten Bandung itu dengan tagline visi misinya, yaitu Bedas (Bangkit, Edukatif, Dinamis, Agamis dan Sejahtera).

"Beliau selama 3,3 tahun ini memimpin, sudah bisa mewujudkan visi misinya yang sangat luar biasa. Walaupun kepemimpinan pada periode pertama Bupati Bandung ini tidak sampai 5 tahun, dan paling tidak beliau memimpin di periode pertama ini selama 3,5 tahun karena terkena peraturan baru terkait dengan pelaksanaan Pilkada Serentak Nasional 2024," jelasnya. 
 
Menurutnya,  program-program Bupati Kang DS ini sangat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. Di antaranya program insentif guru ngaji. 

"Ini ada filosofinya, disaat beliau memimpin di tingkat desa, itu beliau sangat respek terhadap guru-guru ngaji.  Karena guru ngaji ini menjadi penopang terkait spiritual generasi muda penerus bangsa dan negara, khususnya di Kabupaten Bandung," katanya.

"Makanya, Kang DS sangat nyaah ka guru ngaji. Guru ngaji ini diperhatikan oleh Kang DS," imbuhnya.

Menurutnya, Kang DS juga memberikan bantuan untuk marbot di masjid-masjid, sehingga dapat memberikan kesejahteraan kepada para penerima manfaat tersebut. 

"Barang kali Kang DS ini program-programnya sudah sangat luar biasa, yaitu 13 program yang diusung oleh beliau. Itu sudah tersampaikan dan sudah dirasakan oleh masyarakat. Termasuk BPJS sudah dirasakan oleh masyarakat, termasuk para Linmas yang ada di desa-desa. Linmas ini menjadi garda terdepan di desa," ungkapnya. 

"Linmas itu, dulu tidak ada gaji, tidak ada insentif, sekarang diperhatikan betul oleh Kang DS," imbuhnya lagi.

Kang DS juga sudah meraih prestasi yang sangat luar biasa, yaitu di angka 300 lebih penghargaan. 

"Maka saya sebagai masyarakat biasa, berharap bahwa Kang DS harus bisa melanjutkan kembali untuk menjadi pemimpin nomor satu di Kabupaten Bandung. Karena alhamdulillah, program-program beliau sudah terasa semuanya oleh masyarakat," harapnya.

Termasuk, kata Basri, Kang DS sangat perhatian pada dunia pendidikan. Salah satunya program Besti (Beasiswa Ti Bupati) yang menjadi trending kemarin karena mendapatkan penghargaan dari program pendidikan tersebut. 

"Besti ini, beasiswa untuk anak-anak di Kabupaten Bandung. Program Besti ini mendapatkan penghargaan yang luar biasa. Terakhir mendapatkan penghargaan salah satu Bupati yang peduli dunia pendidikan, sehingga anak-anak yang ingin kuliah di Kabupaten Bandung menjadi terobosan baru. Ini bagi anak-anak miskin atau tidak mampu diberikan beasiswa oleh Pak Bupati," katanya. 

Menurutnya, bukan hanya pada sisi sosial, pendidikan, keagamaan, alhamdulillah seluruh kegiatan yang dilakukan oleh Bupati Bandung itu sangat menyentuh pada kebutuhan masyarakat. 

"Maka saya berharap Kang DS harus melanjutkan programnya di momentum Pilkada Bandung 27 November 2024 mendatang. Lanjutkan periode kedua untuk memimpin Kabupaten Bandung karena programnya harus diteruskan," harapnya. 

Ia berharap Kang DS bisa terus melakukan inovasi-inovasi program-programnya, barang kali kedepan bisa semakin lebih baik lagi untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bandung.(**)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    1
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow