Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Meski Pilkada Hampir Selesai, Tapi Masih Ada Pelaporan Ke Bawaslu

Meski Pilkada Hampir Selesai, Tapi Masih Ada Pelaporan Ke Bawaslu

Smallest Font
Largest Font

KABUPATEN BANDUNG, liriknews.com – Perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bandung telah usai. Namun, Bawaslu Kabupaten Bandung menerima laporan dari masyarakat terkait dugaan pelanggaran pemilu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bandung, Kahpiana membenarkan, pihaknya baru saja menerima pelimpahan pelaporan masyarakat terkait dugaan pelanggaran pemilu pada visi misi salah satu pasangan calon Bupati/Wakil Bupati pada Pilkada Kabupaten Bandung 2020 dari Bawaslu Jawa Barat.

“Kita belum bisa memberi tanggapan karena masih proses, namun kita akan menjadwalkan pembahasan terkait hal tersebut di sentra gakumdu. Pelimpahan laporan tersebut baru diregistrasi, saya belum bisa komentar seperti apa dan bagaimana,” kata Kahpiana saat di konfirmasi, Kamis (17/12/2020).

Kahpiana menjelaskan pihak Bawaslu Kabupaten Bandung memang dilibatkan dalam proses verifikasi persyaratan pencalonan Bupati/Wakil Bupati, namun hanya sebatas verifikasi administrasi. Dimana kewenangannya hanya memastikan ada atau tidak serta absah atau tidaknya persyaratan administrasi bakal calon.

“Kita hanya mengawasi misalnya batas usia bakal calon, pendidikan bakal calon, termasuk riwayat pekerjaan mereka sebelumnya itu seperti apa, itu yang kita dalami, kita sampai disitu batas kewenangan mengawasinya,” jelasnya.

Dikatakan Kahpiana, terkait visi misi, kewenangan Bawaslu hanya memastikan secara administratifnya saja. Memang salah satu syarat pencalonan itu harus ada visi misi, program dan lain sebagainya.

“Kami hanya memastikan secara administratif, ada atau tidaknya visi misi dan absah atau tidaknya visi misi tersebut. Kewenangan kita tidak sampai ke dalam kontennya, apalagi mengatur-atur, karena kita bukan bagian dari tim, hal itu kan diatur oleh masing-masing paslon, karena mereka punya analisis sendiri,” paparnya.

Pilkada Kabupaten Bandung 2020 hampir usai. Dan pasangan Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan dinyatakan sebagai peraih suara terbanyak dengan angka 56,01 persen dari hasil rekapitulasi perolehan suara di KPU Kabupaten Bandung. (Ris/**)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow