Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Bupati Bandung, “Akan berujung pada peningkatan kesejahteraan rakyat”

Bupati Bandung, “Akan berujung pada peningkatan kesejahteraan rakyat”

Smallest Font
Largest Font

KABUPATEN BANDUNG, Liriknews.com – Bupati Bandung H. Dadang Naser, bersama Gubernur Jawa Barat (Jabar) H. Ridwan Kamil dan Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jarot Widyoko, melakukan Ground Breaking Pembangunan Kolam Retensi dan Polder-polder Andir.

“Setelah terowongan Nanjung, Kolam Retensi Cieunteung dan terutama kegiatan Citarum Harum yang didukung oleh jajaran Kodam III/Siliwangi melalui dansektor dansektornya, pembangunan kolam retensi dan polder di Andir ini jika sudah berfungsi dengan baik, tentu akan semakin mempercepat penanganan banjir di Kabupaten Bandung,” ungkap Bupati Dadang Naser di sela-sela acara yang berlangsung di Kelurahan Andir Kecamatan Baleendah tersebut, Kamis (10/12).

Mengadaptasi penanganan banjir di beberapa negara, tutur bupati, keberadaan polder dapat mengendalikan air saat musim hujan, dan menjadi tabungan air untuk menghadapi musim kemarau.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung sendiri, tambah Dadang Naser, telah memberikan dukungan dengan membuat beberapa polder. Selain itu, sekitar 15 hektar lahan telah dibebaskan untuk memunculkan kembali danau yang hilang.

“Di Kecamatan Ibun ada satu danau yang hilang. Dari luas keseluruhan 60 hektar, saat ini kita sudah bebaskan sekitar 15 hektar untuk membangun kembali Situ Pangkalan. Ini untuk mengatasi banjir wilayah Majalaya,” kata Dadang Naser.

Mengatasi permasalahan banjir dan lahan kritis, menurutnya memerlukan sinergitas antar pihak terkait, baik pemerintah pusat, provinsi, daerah kabupaten kota, TNI dan seluruh lapisan masyarakat.

“Lahan-lahan kritis di hulu Citarum mulai terbangun dengan baik. Melalui sinergitas seluruh pihak, kita terus berupaya membangkitkan kesadaran masyarakat terkait pola tanam pertanian, agar sedimentasi di DAS Citarum bisa diminimalisir,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Kang DN panggilan akrab bupati, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah merespon aspirasi masyarakat Kabupaten Bandung.

Ia juga mengapresiasi dukungan pemerintah daerah dan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Jabar yang terus mendorong percepatan pembangunan di wilayah yang dipimpinnya.

“Momentum penting ini, harapannya berujung pada perputaran perekonomian masyarakat. Ketika masalah banjir selesai, mudah-mudahan kesejahteraan rakyat khususnya di wilayah cekungan Bandung bisa meningkat,” harap Kang DN. (**)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow