Waduh’ Sabu Seberat 10,9 Kilogram Disembunyikan Didalam Ban Serep

BANDUNG – Subdit II Direktorat Reserse Narkoba Polda Jabar berhasil mengamankan dua tersangka yang kedapatan membawa sabu-sabu asal Cina seberat 10,9 kilogram yang disembunyikan didalam ban serep truk berwarna kuning dengan nomor polisi W 9812 NV.

Kedua tersangka tersebut merupakan sopir dan kernet truk berinisial AHD dan OM. Mereka (Para tersangka) diamankan di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, Karawang, Sabtu (7/11).

Direktur Narkoba Polda Jabar Kombes Pol Rudy Sudrajat mengungkap kedua pelaku merupakan kurir sindikat narkoba antar pulau.

“Kepulauan Riau merupakan pintu masuk narkoba asal Cina ke Indonesia,” ujar Rudy saat memberikan keterangannya di Mapolda Jabar, Selasa (10/11).

Dikatakan Rudy, keberhasilan pengungkapan ini berdasarkan informasi dari masyarakat terkait adanya sindikat jaringan narkotika jenis sabu antar Provinsi dari Pulau Sumatera ke Jawa Timur.

Menurutnya, petugas melakukan penyelidikan selama hampir satu bulan ke Riau dan membuntuti truk bermuatan sabu itu dari Palembang menuju Bangkalan Madura.

“Kami sengaja melakukan saat truk melintas di Tol Cikampek yang merupakan wilayah hukum Polda Jabar,” kata Rudy.

Ia menambahkan, petugas sempat kesulitan saat mencari barang bukti. Berkat kejelian petugas, kata dia, akhirnya sabu seberat 10,9 kilogram tersebut ditemukan didalam ban serep yang terpasang dibawah mobil.

“Alhamdulillah ini barang bukti terbesar untuk tahun ini. Dengan penangkapan ini, kami berhasil menyelamatkan 100 ribu orang dari bahaya narkoba,” ucapnya.

“Akibat perbuatannya, para tersangka di jerat dengan Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati,” tegasnya. (Ris/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *