Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Kades Tenjolaya Hadiri Undangan Bawaslu Kabupaten Bandung

Kades Tenjolaya Hadiri Undangan Bawaslu Kabupaten Bandung

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS. KABUPATEN BANDUNG – Kepala Desa Tenjolaya Ismawanto Somantri tepat waktu memenuhi undangan dari Bawaslu Kabupaten Bandung untuk dimintai keterangannya terkait video yang viral di media sosial.

Dalam video tersebut, terlihat Kades Tenjolaya menggunakan baju besinya dan mengajak masyarakat untuk mendukung salah satu pasangan calon Bupati Bandung, saat di tempat hajatan di Kampung Bebera, Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, pada pekan lalu.

Somantri datang dan memberikan keterangan kepada Bawaslu, dan diterima oleh Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Bandung, Komarudin.

“Saya ditanyakan tentang kronologis kejadian dalam video tersebut dan saya jawab apa adanya,” ungkap Somantri saat memberikan keterangannya, Kamis (19/11/2020).

Somantri juga mengaku, bahwa Bawaslu juga sempat bertanya apakah dirinya tahu soal aturan bahwa kepala desa dilarang berpihak atau mempengaruhi warganya untuk memilih salah satu paslon.

“Saya jawab saya tahu aturan itu, tetapi waktu itu saya di luar kendali dan terbawa suasana, siapapun paslon yang ada di pakaian orang itu, itu yang saya sebut. Karena semua di luar rencana dan saya terbawa situasi,” kata Somantri.

Dia juga menyatakan, kepada Bawaslu bahwa apa yang ia lakukan dalam video itu merupakan tindakan spontanitas tanpa ada perencanaan apapun sebelumnya.

“Awalnya saya bilang bahwa hari itu saya sempat beraktivitas menggali kubur, mengukur tanah dengan mengenakan pakaian biasa. Setelah itu ada telefon dari warga bahwa saya akan kedatangan Ki Daus,” kata Somantri.

Dikatakan Somantri, kedatangan Ki Daus tersebut hanya untuk sekedar berkunjung atau jalan-jalan di Desa Tenjolaya, tanpa ada pemberitahuan sedikitpun soal kampanye atau sejenisnya.

Namun sehubungan dirinya akan menghadiri sebuah undangan khitanan, maka Ia bergegas berganti pakaian dinas, lalu memberi tahu Ki Daus soal rencananya itu.

“Saya bilang ke Ki Daus dan rekan-rekannya, bahwa saya akan menghadiri undangan. Kata Ki Daus, ya sudah saya ikut, maka saya bilang ya mangga saja,” jelasnya.

Di hajatan itulah, ucap Somantri, Ki Daus disambut antusias oleh warga yang kemudian meminta foto bersama sampai akhirnya diminta untuk menyanyikan dua buah lagu untuk warga.

“Saya awalnya hanya hanya menonton saja, tetapi kemudian dipanggil oleh MC agar saya ikut naik ke panggung. Akhirnya saya menghargai permintaan itu dan naik ke atas panggung,” tuturnya.

Saat dipersilahkan untuk berbicara oleh MC, Somantri pun sempat mengucapkan terima kasih kepada tuan rumah sebelum akhirnya ucapan dukungan itu terlontar secara spontan.

“Saya melirik ke sebelah kanan, ada orang yang mengenakan pakaian atribut kampanye salah seorang paslon. Lalu saya persilahkan saja kalau ada warga yang mau mendukung,” tandasnya. (Ris/**)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow