Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

KSPN Tegas Dukung Capres-Cawapres Nomor Urut 2

KSPN Tegas Dukung Capres-Cawapres Nomor Urut 2

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS – Konfederasi Serikat Pekerja Nusantara (KSPN) tegaskan memberi dukungan kepada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pemilu 2024.

Pernyataan tersebut, disampaikan KSPN sekaligus menggelar rapat pimpinan nasional (Rapimnas), yang diselenggarakan di Sutan Raja Hotel, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Minggu (14/1/2024).

Presiden KSPN, Ristadi mengatakan, para peserta Rapimnas telah membulatkan tekad mereka, untuk memenangkan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi Presiden-Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

“Pada hari ini, kami KSPN menyampaikan kebulatan tekad kami, untuk memenangkan Prabowo-Gibran meraih kemenangan mutlak satu putaran pada Pemilu 2024,” kata Ristadi di lokasi.

Dia menerangkan, sebelumnya pihak KSPN sempat berdiskusi dengan Prabowo Subianto. Dalam pertemuan tersebut, sejumlah persoalan hak pekerja hingga sektor ekonomi untuk kebutuhan pokok menjadi pembahasan.

Ristandi mengaku, pertemuan yang dilakukan membuahkan kesepakatan bersama yang tertuang dalam 7 program prioritas pro pekerja dan buruh.

“Dari 7 program pro pekerja itu di antaranya mengenai perluasan lapangan pekerjaan yang menjadi prioritas,” terangnya.

Ristadi menjelaskan, perluasan lapangan pekerjaan dinilai penting, karena beberapa tahun terakhir terjadi PHK massal, khususnya di sektor industri padat karya tekstil serta produk tekstil.

“Banyak perusahaan garmen dan tekstil yang tutup. Jumlah PHK ratusan ribu. Yang tidak terdata lebih banyak lagi. Ini menjadi masalah tersendiri kalau kemudian tidak tertangani secara serius,” jelasnya.

Ristandi mengungkapkan, jika perluasan lapangan pekerjaan tidak jadi perhatian, maka dampaknya pengangguran akan meningkat, yang berakibat juga pada turunnya daya beli masyarakat.

“Kalau daya beli sudah turun, maka ekonomi juga akan menurun,” ungkapnya.

Selain itu, Ristandi menyampaikan, program pro pekerja lain yang disepakati, yakni mengenai rumah bersubsidi bagi para kalangan pekerja.

“Banyak anggota KSPN dan seluruh pekerja atau buruh di Indonesia saat ini belum memiliki rumah sendiri,” imbuhnya.

Ristandi menilai, hal tersebut dikarenakan masih rendahnya upah minimum, yang merujuk aturan perbankan tidak memenuhi syarat pengajuan untuk dapat kredit rumah.

“Maka ini kami sampaikan kepada Pak Prabowo, ini juga harus jadi perhatian serius jika beliau nanti terpilih menjadi Presiden RI,” bebernya.

Disamping itu, Ristandi memaparkan, KSPN juga meyoroti perihal pemerataan upah minimum, karena sekarang ini kondisi para pekerja dinilai mengalami kesenjangan upah minimum, di satu daerah dengan daerah lain perbedaannya tergolong tinggi.

“Program pro pekerja lainnya yang kami usulkan kepada pasangan Prabowo-Gibran, yaitu adanya rumah sakit khusus pekerja,” paparnya.

“Kemudian adanya koperasi pekerja, bantuan modal usaha bagi pekerja korban PHK, dan program beasiswa perguruan tinggi bagi anak pekerja,” tutup Ristadi. (Yul)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow