Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Galakkan Olahraga Masyarakat, Dede Yusuf Lakukan Jalan Sehat Bersama Ratusan Warga Baleendah

Galakkan Olahraga Masyarakat, Dede Yusuf Lakukan Jalan Sehat Bersama Ratusan Warga Baleendah

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS – Sebanyak 700 orang melaksanakan kegiatan olah raga di Sarana Olahraga (SOR) Komplek Griya Prima Asri, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf Macan Effendi mengatakan, pihaknya sengaja membuat kegiatan olahraga berkolaborasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Menpora).

“Hari ini baru saja kita menyelesaikan kegiatan, ini program olahraga bersama masyarakat, bersama dengan komisi 10 dan Kementerian Olahraga,” kata Dede di lokasi, Minggu (10/12).

Menurutnya, sebanyak 700 orang warga yang ikut olahraga jalan sehat itu, membuktikan bahwa antusias masyarakat tergolong tinggi, sebab memanfaatkan kegiatan untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh.

Dede menjelaskan, dalam Undang-Undang Keolah Ragaan, pihaknya memberikan cluster olahraga, di antaranya olah raga pendidikan yang digalakkan di unit-unit sekolah atau kampus hingga olahraga masyarakat.

“Olahraga di unit pendidikan ini harus didorong agar peserta didik tidak habis waktunya hanya untuk belajar,” jelasnya.

Dede menerangkan, untuk cluster olahraga masyarakat, bertujuan agar bisa mengurangi beban penyakit komorbid yang ada di masyarakat karena kurangnya bergerak.

“Ini juga bisa mengurangi beban BPJS, karena selama ini penyakit-penyakit seperti stroke, darah tinggi dan diabetes itu disebabkan karena salah satunya badan kurang banyak bergerak,” terangnya.

Dede mengungkapkan, beberapa periode yang lalu, anggaran pemerintah paling banyak untuk olahraga prestasi, bisa mencapai ratusan miliar bahkan triliunan.

Sedangkan untuk olahraga masyarakat yang disukai oleh masyarakat praktis, justru anggarannya tidak ada.

“Itu sebabnya, di tahun 2023 saya membuat program bersama Kementrian untuk menggelontorkan 1.000 paket olahraga di seluruh Indonesia,” tukasnya. (Yul)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow