Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Perumda Air Minum Tirta Raharja Prioritaskan Program Kelestarian Lingkungan

Perumda Air Minum Tirta Raharja Prioritaskan Program Kelestarian Lingkungan

Smallest Font
Largest Font

KABUPATEN BANDUNG, LIRIKNEWS – Menanggapi keinginan dari DPC PDIP Kabupaten Bandung untuk bersama-sama menjaga dan memelihara sumber mata air di Hutan Blok Cinyiruan, Kampung Citere, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan

Direktur Utama (Dirut) Perumda Air Minum Tirtaraharja, Rudi Kusmayadi mengungkapkan, selama ini pihak perusahaan yang dipimpinnya kerap kali melakukan penanaman pohon untuk menghijaukan kawasan sumber mata air yang terlihat gundul itu, namun mungkin karena beberapa faktor akhirnya pohon-pohon yang mereka tanam tidak dapat tumbuh dengan baik disana.

“Saya sudah berkoordinasi dengan bagian teknis terkait sumber mata air tersebut. Sehingga, sumber mata air itu berada di kawasan PTPN VIII, pihak kami hanya memanfaatkan sumber mata air itu saja,” ungkap Rudi saat di konfirmasi melalui telepon seluler, Selasa (23/3/2021).

Rudi mengatakan, pihaknya menyadari bahwa menjaga kelestarian lingkungan, khususnya lahan konservasi sebagai area penangkapan dan penampungan air merupakan salah satu program prioritas untuk menjaga keberlangsungan pemenuhan air minum kepada masyarakat.

Dikatakan Rudi, Perumda Air Minum Tirta Raharja pun senantiasa melaksanakan dan mendukung terhadap program-program pelestarian lingkungan.

“Sumber mata air Citere, Pangalengan adalah salah satu sumber mata air kami yang diolah dan didistribusikan untuk melayani kurang lebih 4.000 (empat ribu) Sambungan Rumah di Wilayah Pangalengan dan sekitarnya,” kata Rudi.

Beberapa upaya yang telah dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan di sekitar sumber air tersebut diantaranya, sejak tahun 2018 telah dilakukan penanaman sekitar 2.000 pohon oleh Perumda Air Minum Tirta Raharja bekerja sama dengan dinas/instansi terkait, muspika, aparat/masyarakat desa, para pemangku kepentingan dan penggiat lingkungan, serta masyarakat sekitar.

“Hal itu diharapkan dapat menjadi trigger untuk program-program pelestarian lingkungan selanjutnya,” jelasnya.

Perumda Air Minum Tirta Raharja juga senantiasa untuk tetap konsisten melakukan penanaman pohon pada lahan di sekitar sumber air, lanjut Rudi, disamping itu pihaknya juga selalu terbuka untuk bekerja sama dengan para pemangku kepentingan dan penggiat lingkungan yang memiliki program pelestarian lingkungan.

“Kami dapat mendukung program dengan menyediakan bibit tanaman dan atau melaksanakan penanaman pohon pada lahan konservasi sebagai bentuk kerja sama, guna lestarinya alam dan lingkungan,” tutup Rudi. (Ris/**)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow