Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Pencarian Korban Longsor Sumedang Diperpanjang Hingga Tiga Hari

Pencarian Korban Longsor Sumedang Diperpanjang Hingga Tiga Hari

Smallest Font
Largest Font

SUMEDANG, LIRIKNEWS.COM – Satu korban longsor Sumedang, berjenis kelamin laki-laki ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, oleh Tim SAR gabungan, tepatnya di lapang voli, Jumat (15/1) sekitar Pukul 22.16 WIB. Setelah berhasil di evakuasi, korban tersebut langsung dibawa ke Puskesmas Sawahdadap.

Hingga saat ini data korban meninggal dunia 25 orang dan jumlah korban dalam pencarian berjumlah 15 orang. Tim SAR Gabungan telah melakukan pencarian dengan menggunakan 4 unit excavator dan 7 unit alkon.

Kepala Basarnas Bandung, Deden Ridwansyah mengatakan, sesuai dengan SOP pencarian dan pertolongan, Operasi SAR berlangsung 7 hari namun mengingat masih banyaknya korban dan banyaknya permintaan dari keluarga korban pencarian diperpanjang hingga 3 hari kedepan.

“Pencarian akan terus diupayakan walau dengan banyak kendala yang ditemui seperti cuaca yang tidak menentu, tebalnya material longsor serta potensi longsor susulan yang masih tinggi karena walau bagaimanapun juga keselamatan tim menjadi yang paling utama, namun kita akan terus memberikan yang terbaik,” ungkap Deden.

Hingga saat ini, lanjut Deden, dua unit excavator masih bekerja di lokasi longsor untuk memindahkan material longsor, dan pergerakan telah dihentikan pada pukul 23.00 WIB.

“Alut yang digunakan pada pencarian hari ketujuh yaitu 4 Unit Excavator, 7 Unit Alkon, Peralatan Ekstrikasi, Peralatan komunikasi, Peralatan medis dan APD Personal,” jelasnya.

Adapun unsur SAR yang terlibat yaitu Basarnas Bandung, PUPR, BPBD Pov Jabar dan Sumedang, TNI/POLRI, TIM DVI Polda Jabar, PMI Prov Jabar, Dinkes Sumedang, Potensi SAR Jawa Barat dan Potensi SAR Jawa Tengah. Total kekuatan Pers Unsur SAR yang terdaftar di posko sejumlah 286 Personil.

Sebelumnya longsor terjadi di Ds Cihanjuang Kec Cimanggung Kab Sumedang pada Sabtu (09/12) sekitar pukul 16.45 WIB dan longsor susulan sekitar pukul 19.30 WIB yang menyebabkan lebih banyak korban tertimbun karena pada saat itu banyak warga dan Tim SAR Gabungan yang sedang melakukan evakuasi dan pendataan terhadap jumlah korban pada longsor pertama. (Ris/**)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow