Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Meski Jawa Timur Semakin Baik, Tapi Angka Kematian Masih Tinggi

Meski Jawa Timur Semakin Baik, Tapi Angka Kematian Masih Tinggi

Smallest Font
Largest Font

MALANG, liriknews.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menilai bahwa penanganan COVID-19 di wilayah Provinsi Jawa Timur sudah semakin baik apabila dibandingkan dengan beberapa bulan sebelumnya.

Akan tetapi Dia melihat ada kenaikan kasus baru setelah adanya liburan pada beberapa hari yang lalu. Tentunya Doni meminta agar hal tersebut kemudian dapat dijadikan antisipasi untuk ke depannya.

“Secara umum Jawa Timur sudah sangat bagus, apabila dibandingkan pada periode bulan Juni, Juli, Agustus dan September awal. Tetapi setelah adanya libur empat hari yang lalu tren kenaikan (kasus COVID-19) mengalami sedikit peningkatan,” kata Doni saat memberikan keterangannya, Kamis (3/12/2020).

“Mudah-mudahan ini bisa sedikit dikendalikan,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Doni, kendati kasus COVID-19 dapat dikendalikan, namun Doni melihat bahwa angka _fatality rate_ di wilayah paling timur Pulau Jawa itu masih tinggi.

Dalam hal ini, Doni mengingatkan kepada pemangku kebijakan di daerah agar terus memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik, sebingga para penderita COVID-19 dengan gejala ringan agar tidak menjadi lebih berat.

Sebab, kondisi pasien COVID-19 dengan gejala berat memiliki prosentase kematian hingga 67 persen.

“Kemudian yang kedua angka kematian di Jawa Timur ini juga masih cukup tinggi,” jelas Doni.

“Hasil dari gejala ringan ke sedang ini tidak boleh memasuki fase yang lebih tinggi, yaitu berat. Sehingga harus sedini mungkin ditangani dengan optimal, sehingga bisa lebih banyak menyelamatkan saudara-saudara kita,” imbuh Doni.

Belajar dari perkembangan penanganan COVID-19 di RS Lapangan Indrapura Surabaya, maka Doni meminta agar apa yang telah dilakukan kemudian dijadikan contoh dan perbandingan.

Sebagaimana data yang diperoleh Doni, RS Lapangan Indrapura dengan kapasitas 356 tempat tidur dapat terus menaikkan angka kesembuhan. Bahkan tidak pernah ada laporan mengenai kasus kematian yang dikeluarkan secara resmi dari pihak RS tersebut.

“Pengalaman RS Lapangan Indrapura hendaknya bisa dijadikan sebagai perbandingan,” pungkas Doni. (Zes/**)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow