Calon Wakil Bupati Bandung dari Nomor Urut 3, Sahrul Gunawan Bakal Bangun Shelter Sepeda di Kabupaten Bandung

BOJONGSOANG – Calon Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan merespons tren yang terjadi di tengah tatanan normal baru dengan menekankan pentingnya pengembangan fasilitas publik untuk para pesepeda.

Sahrul mengungkapkan, fasilitas itu harus tersedia di ruang-ruang publik strategis. Salah satunya dengan ketersediaan shelter sepeda bagi masyarakat.

”Bersepeda sedang digemari masyarakat. Kita harus ambil momen ini untuk mendorong agar bukan sekadar menjadi tren tapi menjadi perubahan besar dalam mobilitas sehari-hari warga Kabupaten Bandung, agar masyarakat semakin sehat dan polusi bisa ditekan,” ungkap Sahrul saat mengunjungi warung Kopi inspiratif, salah satu tempat kuliner yang biasa disinggahi para pesepeda setiap akhir pekan di Kawasan Cibisoro Bojongsoang. Minggu (1/11).

Sahrul mengatakan, bersepeda bisa menjadi alternatif transportasi. Contohnya di Amsterdam, Belanda. Sebagian besar warganya bersepeda untuk berangkat kerja, sekolah, sampai kuliah.

Oleh karena itu, lanjut Sahrul, dirinya
menginginkan, agar ke depan fasilitas publik untuk pesepeda di Kabupaten Bandung harus diperbanyak. Mulai dari shelter yang bisa dimanfaatkan warga, sampai parkir khusus kendaraan kayuh itu.

“Semuanya harus tersedia di ruang-ruang publik yang mudah diakses warga dan tanpa biaya. Ke depan, Kabupaten Bandung akan memiliki banyak tempat parkir sepeda dan shelter yang sepedanya bisa dimanfaatkan gratis. Juga bisa kita rintis kawasan khusus pesepeda . Dengan bersepeda, konsumsi BBM juga akan berkurang,” katanya.

Sahrul juga menegaskan, faktor keselamatan dalam bersepeda harus menjadi perhatian. Sebab, ucapnya, meningkatnya kesadaran bersepeda belum diikuti dengan kesadaran keselamatan di jalan.

”Sudah banyak kecelakaan yang melibatkan sepeda. Sehingga, kedepannya semua komunitas dan pehobi sepeda Kabupaten Bandung harus diberdayakan, diajak diskusi oleh pemerintah daerah, diedukasi rutin,” pungkasnya. (Jul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *