Sugianto: Ziarah Kubur Sebagai Penghormatan Kepada Pemimpin Kabupaten Bandung Terdahulu

LIRIKNEWS — Salah satu tradisi menjelang hari jadi Kabupaten Bandung yang tidak pernah dilewatkan dilakukan ziarah ke makam para mantan Bupati Bandung, di Kampung Kaum Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Ketua DPRD Kabupaten Bandung, H. Sugianto memimpin langsung doa bersama saat ber-ziarah, dilanjut tabur bunga oleh Bupati Bandung H. M. Dadang Supriatna dan Wakil Bupati Bandung, Sahrul Gunawan.

Saat sambutannya, Sugianto mengatakan, ziarah kubur sebagai penghormatan kepada pemimpin Kabupaten Bandung terdahulu. Karena sebagai generasi penerus, berkewajiban menjaga marwah yang menjadi cita-cita para pendiri kabupaten berpenduduk sekitar 3,7 juta jiwa.

“Ziarah ke makam para mantan Bupati Bandung selain berdoa, juga untuk menjaga marwah yang menjadi cita-cita para pendiri,” kata Sugianto saat berziarah, di Dayeuhkolot, Rabu (17/4/2024).

Secara umum lanjut Sugianto, para pendahulu telah memberikan garis perjuangan untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dalam segala aspek kehidupan.

Dalam kesempatan ziarah ini, pihaknya ingin mempertegas cita-cita para pendahulu tersebut.

“Para pendahulu (mantan Bupati Bandung) telah memberikan garis perjuangan untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dalam segala aspek kehidupan. Pemerintah harus senantiasa hadir dan lebih responsif terhadap kondisi di masyarakat. Pemerintah wajib menjadi pengayom masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Bandung Dadang Supriatna merasa bersyukur bisa melaksanakan ziarah kubur ke makam para mantan Bupati Bandung. Ia meyakini, para pendahulu ini sudah memberikan yang terbaik untuk kemajuan Kabupaten Bandung.

“Kami berharap, Kabupaten Bandung lebih maju dan berkembang di kemudian hari. Tidak mungkin terbentuk Kabupaten Bandung jika tidak ada sejarah,” kata Bupati Bandung,

“Dengan ziarah kubur ke makam ini, menjadi bentuk penghormatan untuk lebih menghargai jasa para pahlawan dan juga mantan Bupati Bandung,” tandasnya. (Yul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *