Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Untuk Layani Pelanggan, KAI DAOP 2 Bandung Sediakan 226 Kereta dan 34 Gerbong Handal

Untuk Layani Pelanggan, KAI DAOP 2 Bandung Sediakan 226 Kereta dan 34 Gerbong Handal

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan dengan menyediakan seluruh sarana baik lokomotif, kereta, dan gerbong untuk melayani para pelanggan.

Di wilayah Daop 2 Bandung terdapat 226 Kereta dan 34 Gerbong handal yang siap mendukung seluruh perjalanan kereta api baik angkutan penumpang maupun angkutan barang.

Manager Humasda KAI Daop 2 Bandung, Ayep Hanapi mengatakan, untuk melayanai Angkutan penumpang menggunakan 226 Kereta sedangkan Angkutan barang menggunakan 34 Gerbong, sebelum kereta dan gerbong digunakan, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan dan perawatan untuk menjamin kemanan, kelancaran, dan ketepatan waktu perjalanan kereta api.

"PT KAI Daop 2 Bandung menyiapkan armada yang handal dan siap operasi baik kereta maupun gerbong. Untuk Kereta, Daop 2 Bandung menyiapkan 226 kereta dengan jenis sebagai berikut: 180 Kereta Penumpang terdiri KA Priority, K1 SS, K3 SS, K3 Split, 12 Kereta Makan, 26 Kereta Pembangkit dan 8 Kereta Bagasi. Sedangkan untuk Gerbong menyiapkan 34 Gerbong dengan jenis GD PPCW 40T, GD PPCW 42T GD PKPKW 45T, KKBW 30 T dan GB ZZOW 30T," jelas Ayep, pada Kamis (17/10/2024).

Untuk menjaga performa sarana Kereta dan Gerbong yang handal, lanjut Ayep, dilakukan perawatan secara perodik berdasarkan meliputi Perawatan Harian (Daily Check), Perawatan 1 Bulan (P1), Perawatan 3 Bulan (P3), Perawatan 6 Bulan (P6), Perawatan 12 Bulan (P12) yang dilakukan di Depo Kereta Bandung dan P24 Bulan & P48 Bulan dilakukan di Balai Yasa Manggarai.

"Untuk Gerbong dilakukan perawatan di Depo Gerbong Gedebage sedangkan untuk perawatan 24 Bulan dilakukan di Balai Yasa Manggarai dan balai Yasa Tegal," ungkapnya.

Dikatakan Ayep, perawatan ini mencakup berbagai aspek teknis, mulai dari mekanik, elektrik, interior, exterior dan kereta pembangkit. Mekanik meliputi perawatan rangka dasar, bogie, sistem alat perangkai, sistem pengereman dan roda menggunakan alat crack detector. Sedangkan Elektrik meliputi perawatan AC dan penerangan.

"Interior Exterior meliputi kursi penumpang, toilet, kaca dan pintu. Untuk Kereta Pembangkit meliputi sistem bahan bakar, pelumasan, pendinginan, udara dan kelistrikan. Semua dilakukan dengan sangat teliti untuk memastikan performa kereta dan gerbong tetap prima dan dapat memberikan pelayanan yang nyaman, aman, dan tepat waktu bagi penumpang," jelas Ayep.

Selain itu, kata Ayep, tim sarana di Daop 2 Bandung terus memantau performa setiap kereta dan gerbong dengan melakukan evaluasi secara berkala, sehingga apabila ada komponen yang perlu diganti atau diperbaiki, tindakan dapat segera diambil untuk menghindari gangguan operasional.

Dengan ketersediaan 226 Kereta dan 34 Gerbong yang terus dirawat secara optimal, Daop 2 Bandung berharap dapat mendukung kebutuhan perjalanan masyarakat, terutama pada saat-saat puncak seperti libur nasional atau musim mudik.

"Selain itu, perawatan berkala ini juga diharapkan dapat memperpanjang usia pakai kereta dan gerbong, sehingga lebih efisien dan ekonomis dalam jangka panjang," katanya.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan bagi penumpang dengan memastikan lokomotif yang kami operasikan selalu dalam kondisi prima. Kepercayaan penumpang adalah prioritas utama kami," tambah Ayep.

KAI Daop 2 Bandung tetap berkomitmen menjaga keselamatan perjalanan kereta api dan melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya.

"Kami juga mengajak seluruh pelanggan untuk tetap disiplin dalam mematuhi aturan dan prosedur keselamatan saat menggunakan jasa kereta api, demi kenyamanan dan keamanan Bersama," tutup Ayep. (**)



Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow