Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian Orang Tenggelam di Sungai Citarum Kab Bandung

Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian Orang Tenggelam di Sungai Citarum Kab Bandung

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS – Tim SAR Gabungan melakukan pencarian seorang warga yang diduga nekat terjun ke Sungai Citarum, Desa Cilampeni, Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung, Sabtu (15/4/2023).

Kepala kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Bandung, Jumaril diwakili Komandan Tim Rescue A Rafik mengungkapkan, saat ini Tim SAR Gabungan masih melakukan pencarian korban dengan melakukan penyisiran di sekitar lokasi kejadian menggunakan perahu karet dan juga penggunaan aqua eye dan Underwater search device (UWSD) atau pendeteksi dengan sonar di dalam air.

“Tim SAR Gabungan sejak Pukul 08.00 WIB telah melaksanakan pencarian dengan membagi Tim menjadi 3 Search and Rescue Unit (SRU),” ungkap Rafik saat memberikan keterangannya, Minggu (16/4/2023).

Tiga tim tersebut, lanjut Rafik, yaitu SRU 1 melakukan pencarian di sekitar lokasi kejadian dengan menggunakan peralatan 1 unit LCR Basarnas dan menggunakan Aquaeye dan Underwater search device (UWSD), SRU 2 melakukan penyisiran mulai dari last known position (LKP) sampai dengan TKI (Taman Kopo Indah) Sejauh 2 Km Dengan Menggunakan 1 Unit LCR BPBD Kab. Bandung, dan SRU 3 Melakukan penyisiran darat mulai dari LKP sampai Curug Jompong dengan menggunakan kendaraan roda 2 sejauh 8 Km.

“Adapun unsur SAR yang terlibat antara lain Basarnas Kansar Bandung, Polsek Katapang, BPBD Kabupaten Bandung, FKPM (forum kemitraan polisi dan masyarakat), Rescue Desa Cilampeni, Patroli sungai DLH jabar serta Muspika. Saat ini Tim SAR Gabungan masih mengupayakan pencarian terhadap korban,” jelasnya.

Dikatakan Rafik, sebelumnya pada Sabtu (15/4) Kantor SAR Bandung menerima informasi dari Babinsa Cilampeni bahwa pada Sabtu malam sekitar pukul 19.30 WIB seorang warga menceburkan dirinya ke Sungai Citarum.

Berdasarkan informasi, kata Rafik, korban dan istrinya bertengkar sehingga korban di kejar oleh istrinya. ketika sampai di sungai Citarum, korban melompat ke sungai dan sampai saat ini masih belum ditemukan.

“Korban diduga terbawa arus dan tenggelam. Adapun korban bernama Budi Setiadi (33) warga Kp. Mulyasari Desa Gandasari Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung. Pada malam yang sama Kantor SAR Bandung langsung memberangkatkan satu tim rescue menuju lokasi kejadian untuk melakukan pencarian,” tandasnya. (Yul)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow