Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Tiga Kecamatan di Kabupaten Bandung Terdampak Puting Beliung

Tiga Kecamatan di Kabupaten Bandung Terdampak Puting Beliung

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS – Tiga kecamatan di wilayah Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat diterjang bencana alam angin puting beliung, Selasa (31/10/2023).

Tiga kecamatan yang diterjangan angin puting beliung saat hujan lebat tersebut, diantaranya Kecamatan Soreang, Katapang dan Kecamatan Kutawaringin.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Uka Suska Puji Utama mengungkapkan, akibat hujan lebat disertai angin kencang di tiga kecamatan tersebut terjadi sekitar pukul 17.30 (WIB) sore kemarin.

“Akibat kejadian itu, terdampak di wilayah Kampung Lebakmuncang, Desa Cilampeni, Kecamatan Katapang, tak sedikit bangunan mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung, terutama bagian atap rumah yang lepas terbawa badai,” ungkap Uka saat di konfirmasi, Rabu (1/11/2023).

Uka menerangkan, sejak malam pihak BPBD Kabupaten Bandung sudah melakukan assesment dan saat ini pendataan masih berlangsung.

“Kami dari malam sampai saat ini masih di lokasi kejadian, selain assesment dan melakukan pendataan, juga membersihkan pohon-pohon tumbang dan puing-puing reruntuhan rumah,” terang Uka.

“Termasuk memberikan bantuan kepada korban,” ujarnya.

Dikatakan Uka, sementara ini belum bisa dipastikan berapa total rumah warga yang rusak, akibat diterjang hujan lebat serta angin puting beliung.

“Berapa total rumah yang rusak ringan, sedang dan berat serta desa-desa mana saja yang diterjang puting beliung masih proses pendataan,” jelasnya.

Kendati demikian, terjangan angin puting beliung yang melanda tiga kecamatan di wilayah Kabupaten Bandung, tidak memakan korban jiwa.

“Yang pasti, dalam peristiwa ini tak ada korban baik luka ataupun jiwa,” tukas Uka.

Sementara itu, Ketua RT04/RW17 Kampung Lebakmuncang, Ruslan Jaelani mengatakan, yang terdampak ada 20 rumah mengalami rusak ini baru di RT04 RW17, Kampung Lebakmuncang, Desa Cilampeni, Kecamatan Katapang.

“Belum lagi di desa-desa lainnya di Kecamatan Soreang dan Kecamatan Kutawaringin,” pungkas Ruslan. (Yul)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow