Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Tanggul Sungai Cisunggalah Kembali Jebol, Ratusan Rumah Terendam Air

Tanggul Sungai Cisunggalah Kembali Jebol, Ratusan Rumah Terendam Air

Smallest Font
Largest Font

SOLOKANJERUK, LIRIKNEWS – Ratusan rumah warga Kampung Bojong Keusik, RT.03 RW.01, Desa Panyadap Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung, kembali terendam air yang diakibatkan jebolnya tanggul Sungai Cisunggalah, pada Jumat (11/6/2021) sekitar Pukul 18.30 WIB.

Salah seorang warga yang terdampak terdampak, Iwan Setiawan mengungkapkan, intensitas hujan cukup tinggi baik di hulu maupun di hilir, sehingga mengakibatkan aliran sungai menjadi besar.

“Kondisi di hulu yang merupakan daerah resapan air sudah tidak lagi berpungsi membuat air Langsung turun ke hilir sangat besar deras, sehingga mengakibatkan tanggu Sungai Cisunggalah jebol kembali,” ungkap Iwan melalui pesan WhatsApp.

Iwan menjelaskan, sebelum tanggul tersebut sempat jebol, dan masyarakat serta pihak TNI, Polri serta pemerintah membuat tanggul darurat dari karung dan bambu. Tetapi, kata Iwan, tidak sanggup menahan debit air yang cukup besar sehingga membuat Tanggul sementara tersebut jebol lagi.

Dia juga memaparkan data korban, yakni di RW 01 ada satu RT yang terdampak yaitu RT 03 sebanyak 40 rumah kuang lebih 200 jiwa, sedangkan RW 02 ada dua Rt yang terdampak yaitu RT 01 dan RT 02 ada 100 kurang lebih Kepala Keluarga dan 300 jiwa.

“Tidak ada korban dari kejadian ini, sebagian warga sudah di evakuasi dan ada sebagian warga yang masih bertahan di rumahnya untuk menyelamatkan barang barangnya,” paparnya.

Menurut pantauan, saat ini warga sekitar serta Babinsa Koramil Solokanjeruk, dan BPBD Kabupaten Bandung saling bahu membahu membetulkan tanggul yang jebol Sungai Cisunggalah tersebut. (Ris/**)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow