Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Sinergi Membangun Kota Bandung Bebas Pungli

Sinergi Membangun Kota Bandung Bebas Pungli

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sangat mendukung hadirnya Unit Satgas Saber Pungli. Ini merupakan bentuk sinergitas dan kolaborasi dalam upaya mempersempit ruang pungutan liar dan mengakselerasi pemberantasan pungutan liar yang terjadi di Kota Bandung.

Hal itu diungkapkan Pj Sekretaris Daerah Kota Bandung, Dharmawan saat membuka FGD Sosialisasi Satgas Saber Pungli Kota Bandung terkait Pencegahan Pungutan Liar di Wilayah Kota Bandung di Atlantic City Hotel, Rabu 7 Agustus 2024.

"Kegiatan ini salah satu upaya kita bersinergi dan kebetulan rekan-rekan dari kepolisian ini yang menjadi peserta. Intinya kita ingin berkolaborasi untuk memberantas pungli yang saat ini terutama didalam momen-momen tertentu seperti PPDB," katanya.

Ia menyebut hadirnya Satgas Saber Pungli menjadi penguatan keberlangsungan pemerintah dalam memberantas adanya praktik kecurangan yang dilakukan oleh oknum-oknum nakal yang mengatasnamakan Pemerintah Kota Bandung.

Menurutnya, aparat pemerintah sebagai pelayan publik harus dapat memberikan contoh yang baik bagi masyarakat, jangan dicemari oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. 

"Pelayanan publik itu harus bebas dari pungli. kita Harus memberikan pelayanan yang terbaik sehingga masyarakat mendapat kepuasan," ungkapnya.

Sebagai bentuk keseriusan Pemkot dan Satgas Saber Pungli Kota Bandung dalam pemberantasan Pungli, menurut data hingga Juli 2024 sudah ada sebanyak 1000 kegiatan dan 70 penindakan yang dikerjakan oleh Satgas Saber Pungli Kota Bandung. 

"Hal tersebut menjadi bukti kongkret kita bersama untuk dapat menjaga marwah dan martabat pemerintah dari hal-hal yang merugikan pemerintah dan masyarakat," ujarnya.

Ia pun menegaskan akan terus melakukan pengawasan dan memberikan sanksi tegas bila ada ASN maupun pihak pihak lain yang melakukan Pungli.

"Pengawasan kita kan selalu kita lakukan. Hal tersebut ada pada kode etik Berakhlak. Sekarang kita lakukan di masing-masing perangkat daerah secara berkelanjutan, setiap waktu sehingga proses-proses pemungutan liar bisa kita cegah," kata dia. 

Ia berharap, melalui sosialisasi ini dapat memperkuat sinergitas kita dalam memberantas aksi pungutan liar di Kota Bandung, salah satunya dalam level sekolah.

"Semoga dengan hadirnya Satgas Saber Pungli di Kota Bandung dapat lebih maksimal dan bergerak secara masif dan cepat untuk mewujudkan kota bandung yang aman dan terbebas dari adanya pungutan liar," ujarnya. 

Sebagai informasi, FGD ini bertujuan untuk melakukan penyusunan langkah-langkah supaya di Kota Bandung tidak terjadi Pungli agar Kota Bandung menjadi kota yang bebas dari Pungli. FGD ini dihadiri oleh 200 orang Bhabinkamtibmas dan Kasi Binmas di Lingkungan Polrestabes Kota Bandung.

Ini agenda yang pertama digelar oleh Pokja Pencegahan Saber Pungli Kota Bandung. Ke depan kegiatan ini juga  akan gelar untuk ASN Kota Bandung. (Jae)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow