Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Ribuan Personel Tim Gabungan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2023

Ribuan Personel Tim Gabungan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2023

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS – Pengamanan natal dan tahun baru (Nataru) Polresta Bandung bersama Lanud Sulaiman, Kodim 0624 dan stakeholder terkait menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2023 di Dome Bale Rame, Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (21/12/2023).

Wakapolresta Bandung, AKBP Imron Ermawan mengatakan dalam gelar pasukan ini sebanyak 1309 personel gabungan dikerahkan.

“Di kabupaten bandung operasi lilin lodaya 2023 ini melibatkan 1309 personel. Yang terdiri dari 815 personel polri, dan dibackup 494 personel gabungan dari lanud sulaiman, kodim 0624, satpol pp, dishub dan instansi terkait lainnya,” ujar Imron saat ditemui di lokasi.

Imron menjelaskan operasi lilin lodaya ini juga berada di 53 lokasi dan membuat sebanyak 20 Pos Pengamanan (Pos Pam).

“Pengamanan nataru ini sebanyak 53 lokasi. Kemudian pospam kita ada 20 pos. Terdiri dari pos terpadu atau utama, kemudian pos pam pelayanan, dan pos pam yang tersebar di beberapa titik,” katanya.

Selain itu, kata Imron, pihaknya juga sudah mepetakan beberapa titik kerawanan khususnya di beberapa jalur seperti arteri, jalur kemacetan dan jalur wisata.

“Titik kerawanan sudah kita petakan dan sudah bersama melaksanakan rakor pam. Pertama di daerah Nagreg, Cileunyi, Sadu, Ciwidey, Solokan Jeruk, Pangalengan, Bojongsoang, dan beberapa titik lainnya,” tuturnya.

Adapun untuk prediksi kerawanan pihaknya kata Imron tetap mengantisipasi khususnya kemacetan, terorisme dan bencana alam.

“Semua tempat wajib kita antisipasi. Karena yang namanya kerawanan yah. Tapi paling tidak pertama itu kemacetan, antisipasi terorisme, kemudian antisipasi semoga tidak terjadi, yaitu bencana alam,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga mengantisipasi jika nantinya ada konvoi geng motor dengan menempatkan beberapa pos.

“Tentunya kita sudah menempatkan pos di beberapa tempat. Kalaupun ada konvoi geng motor, tentunya langkah pertama kita akan melakukan persuasif. Yaitu agar bubar, supaya tidak mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. Jadi pasti akan kita bubarkan,” terangnya.

Pihaknya pun menegaskan jika pada perayaan tahun baru atau natal tidak ada ruang sama sekali untuk geng motor.

“Tidak ada. Tidak ada yang namanya konvoi-konvoi geng motor sebagainya. Kalau ada, nanti kita sikat,” tukasnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0624/Kab Bandung, Letkol Inf Hamzah Budi Susanto menyampaikan, sesuai dengan tugas pokok, TNI ini siap melakukan backup pada Kepolisian.

“TNI yang terlibat di sini ada Kodim 0624/Kabupaten Bandung, Lanud Sulaiman, Gartap, Denpom,” ungkap Hamzah.

Hamzah menerangkan, pihaknya berbagi tugas sesuai tupoksi masing-masing, untuk Babinsa dikerahkan dan yang langsung terlibat di kegiatan ini sekitar 134 orang.

Adapun dari total personil yang dikerahkan tersebut, dibagi menjadi 60 orang di pos pengamanan dan 74 orang itu terlibat di pos terpadu.

“Kami dari 15 Koramil yang tergelar di 0624/Kabupaten Bandung ini memaksimalkan kegiatan supaya selain menjalin sinegritas dengan Polri juga agar memberikan dampak rasa aman kepada masyarakat,” tutupnya.

Hal senada diungkapkan oleh Komandan Lanud Sulaiman, Kolonel Pnb, Rohmat Kusmayadi. Pihaknya menurunkan pasukan sebanyak satu pleton, dalam rangka mendukung Operasi Lilin Lodaya 2023/2024.

“Namun jumlah tersebut dapat kita tambah sesuai dengan permintaan,” ujarnya.

Rohmat memaparkan, satu hal yang signifikan dalam pengamanan Nataru ini, di Lanud Sulaiman terdapat 2 gereja yang paling besar, yaitu Gereja Protestan dan Gereja Katolik.

“Kami dari Lanud telah berupaya semaksimal mungkin, kita juga bekerjasama dengan Kodim dan Polres apabila kita memerlukan bantuan, tentu kita akan segera berkoordinasi,” paparnya.

Rohmat memaparkan, pada pelaksanaan malam Natal 2023, perlu diperhatikan terkait kemacetan dari adanya aktivitas masyarakat dan kegiatan warga yang melaksanakan malam Natal.

“Untuk Natal tahun ini yang biasanya di Lanud Sulaiman pada di luar jam dinas hanya ada satu pos akan kita laksanakan rekayasa, sehingga pos yang biasa digunakan hanya satu nanti akan ada dua pos,” pungkasnya. (Yul)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow