Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Ratusan Rumah Terdampak Angin Kencang di Baleendah

Ratusan Rumah Terdampak Angin Kencang di Baleendah

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS – Dampak angin kencang disertai hujan pada Senin (5/6/2023) sore, sebanyak 141 rumah terkena bencana alam yang terjadi di wilayah Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Kapolsek Baleendah Kompol Tedi Rusman mengatakan, musibah bencana alam yang terjadi di wilayah Kecamatan Baleendah ini terjadi pada kemarin hari Senin sekitar Pukul 17.00 WIB.

“Peristiwa itu terjadi di dua desa, dan satu kelurahan, yakni Desa Rancamanyar, Desa Bojongmalaka, dan Kelurahan Andir,” ujar Tedi saat di wawancara, Selasa (6/6/2023).

Dikatakan Tedi, yang paling terdampak di wilayah Desa Bojongmalaka sebanyak 110 rumah, kemudian di Kelurahan Andir ada 20 rumah, dan di Desa Rancamanyar ada 11 rumah, totalnya sebanyak 141 rumah.

“Kami dari Polsek Baleendah dan Kecamatan Baleendah setelah mendapatkan informasi langsung menghubungi BPBD Kabupaten Bandung sejak kemarin sore, untuk melakukan upaya sesuai tupoksinya,” ungkap Tedi.

“Kemudian kita berkoordinasi dengan pemerintahan desa untuk melaksanakan pendataan kepada rumah-rumah atau warga yang terdampak,” sambungnya.

Hari ini, lanjut Tedi, TNI, Polri, BPBD dan masyarakat sekitar telah melakukan upaya pembersihan, pohon-pohon yang menimpa rumah milik warga yang terdampak.

“Kami terus melakukan imbauan kepada masyarakat, agar mengantisipasi kejadian ini biar ke depan tidak terulang. Namun ini adalah alam, kita juga tidak bisa memprediksinya, namun warga harus tetap waspada,” jelasnya.

Saat ditanyakan kerusakan, Tedi memaparkan, mayoritas kerusakan lebih kepada atap rumah. Karena angin cukup kencang, jadi atap rumah banyak yang terbang, genting dan canopinya. Serta ada beberapa yang jebol.

“Setelah pendataan, saat ini yang diperlukan oleh warga adalah membersihkan puing-puing yang sedang berserakan. Kalau pengungsi saat ini hanya mengungsi ke tetangga atau saudaranya,” ungkapnya.

“Sedangkan kebutuhan yang di perlukan terpal, karena rumah-rumahnya bocor, yang ditakutkan masyarakat ada hujan lagi,” pungkasnya. (Yul)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow