Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Porda Jawa Barat 2022 Akan Digelar di Kabupaten Bandung

Porda Jawa Barat 2022 Akan Digelar di Kabupaten Bandung

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS.COM, KAB BANDUNG – Kabupaten Bandung ditunjuk sebagai lokasi penyangga pelaksanaan Porda Jawa Barat 2022.

Sebagai tuan rumah Porda Jawa Barat, KONI Kabupaten Bandung memproyeksikan anggaran sebesar Rp5 miliar. Hal tersebut dikatakan Sekretaris KONI Kabupaten Bandung, Yana Suryana, Selasa (15/2/2022).

“Mengenai anggaran dari pemda termasuk bantuan dari pemprov, tapi kita menunggu kepastian SK gubernur. Pagu anggaran muncul setelah ada SK dari gubernur, gambarannya Rp5 miliar lebih,” kata Yana.

Dikatakan Yana, sebagai salah satu tuan rumah, Koni Kabupaten Bandung sangat siap. Namun, saat ini pihaknya tengah menunggu Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Barat tentang jadwal pelaksanaan Porda mendatang.

“KONI Jawa Barat dan KONI Kabupaten/kota yang menjadi tuan rumah, sudah siap dan sudah menandatangani kesepakatan termasuk Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bandung,” kata Yana.

“Informasi terakhir, semua stakeholder sudah siap di November 2022 cuman keputusan ada di gubernur. Apakah dilaksanakan di November 2022 atau di tahun 2023,” tambahnya.

Yana juga menyatakan, apabila Porda dilaksanakan pada tahun 2023, maka akan kerepotan. Karena diketahui, pada tahun 2023 Stadion Jalak Harupat Kabupaten Bandung juga ditunjuk sebagai venue Piala Dunia U-20.
 
“Harusnya segera turun SK, karena kita akan mempersiapkan apabila pelaksanaan di Bulan November 2022. Tapi, apabila pelaksanaan diundur ke 2023, maka akan kerepotan, pasalnya Stadion Jalak Harupat harus steril, karena akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20,” terangnya.

Selain itu, Yana juga menjelaskan, pada Porda Jawa Barat 2022, target awalnya adalah meraih posisi lima besar.

Tapi, ucap Yana, berkaca pada gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua beberapa waktu yang lalu, atlet asal Kabupaten Bandung berhasil membawa Jawa Barat menjadi juara umum, maka pihaknya memasang target baru yaitu posisi tiga besar.
 
“Awalnya target kita lima besar, namun saat kita mendapatkan prestasi luar biasa di PON, sebanyak 92 atlet yang membela Jawa Barat berhasil menorehkan prestasi yang luar biasa yaitu meraih 49 medali, sehingga kita targetkan menjadi tiga besar,” jelasnya.

Menurut Yana, saat Porda nanti, akan ada delapan cabang olahraga yang digelar, dimana mayoritas dilaksanakan di Stadion Jalak Harupat (SJH).
 
“Kalau secara atlet kita sudah siap. Ada beberapa cabang olahraga yaitu sepak bola, dayung, hoki, angkat berat, panjat tebing, golf, polo air, panahan. Lokasinya di SJH kecuali dayung dan golf,” pungkasnya. (Ris)
 

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow