Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Peringati HUT Ke-75 Megawati Soekarnoputri, DPC PDIP Kabupaten Bandung Lakukan Penanaman Pohon

Peringati HUT Ke-75 Megawati Soekarnoputri, DPC PDIP Kabupaten Bandung Lakukan Penanaman Pohon

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS.COM, KAB. BANDUNG – DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung gelar penanaman pohon sepanjang Irigasi Kampung Rancasabir Desa Malakasari Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Minggu (23/1/2022). Pohon yang disedikan sebanyak 245 pohon diantaranya pohon endemik dan buah-buahan.

Penanaman pohon ini, dalam rangka memperingati Hut Presiden Ke-5 Republik Indonesia dan sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan Ke-75 Prof. Dr. (H.C.) Hj. Megawati Soekarnoputri.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung, Harjoko Sangganagara mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka rangkaian HUT PDI Perjuangan dan sekaligus merayakan ulang tahun Ketua Umum PDI Perjuangan.

“Penanaman pohon ini dilaksanakan bukan hanya di Kabupaten Bandung saja, namun hari ini dilaksanakan serentak se-Indonesia. Khusus di Kabupaten Bandung, penanaman pohon ini salah satu upaya untuk mencegah terjadinya longsor dan banjir. Karena kita semua tau, bahwa wilayah Kabupaten Bandung merupakan wilayah rawan bencana,” ungkap Harjoko saat memberikan keterangannya.

Harjoko pun mengatakan, penanaman pohon ini dilaksanakan bersama masyarakat, tokoh masyarakat, dan kepala Desa Malakasari. Selain untuk konservasi, pihaknya juga menanam pohon buah-buahan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Kita sengaja menanam pohon buah-buahan agar masyarakat bisa mendapatkan manfaatnya, sehingga masyarakat mau merawat pohon yang telah ditanam,” kata Harjoko.

“Masyarakat sangat berterimakasih adanya penanaman pohon, kalau mereka sendiri sudah menyadari apabila kurangnya pohon maka akan terjadi krisis air dimasa yang akan datang untuk anak cucunya,” tambahnya.

Sebelum menanam pohon, pihaknya juga telah mendengarkan aspirasi dari masyarakat. Yaitu, kata Harjoko, masyarakat mengeluhkan terkait krisis air bersih karena sungai atau irigasinya sudah tercemari sehingga tak layak untuk digunakan, dan terkait penanganan sampah.

“Intinya kita ingin memeliharan lingkungan termasuk juga masalah sanitasi, tempat pembuangan sampah, perlunya insenerator sampah, dan lahan sampah untuk Reuse, Reduce, dan Recycle (3R) yaitu merupakan salah satu cara terbaik dalam mengelola dan menangani sampah plastik dengan berbagai jenisnya,” jelasnya.

Dikatakannya, penerapan sistem 3R juga sangat baik untuk mengelola sampah dari berbagai jenis plastik dari yang aman hingga beracun.

“Pengelolaan sampah dengan sistem 3R mampu dilakukan oleh hampir semua orang serta tidak jarang hal-hal yang diproduksi mampu menghasilkan nilai ekonomis,” tutup Harjoko. (Ris)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow