Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Pengamat Nilai Poros PDI Perjuangan-PKB Bisa Terwujud di Pilgub Jabar 2024

Pengamat Nilai Poros PDI Perjuangan-PKB Bisa Terwujud di Pilgub Jabar 2024

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS - Penggabungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa sebagai poros koalisi ketiga di Pemilihan Kepala Daerah Jawa Barat 2024 dinilai sangat mungkin terwujud, mengingat kedua partai ini dikenal sangat dekat pasca Pemilihan Umum 2024. 

Untuk nama pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung adalah Ono Surono (PDI Perjuangan)-Acep Adang Ruhiyat (PKB). 

Peneliti Indonesia Politics Research & Consulting Fahmy Iss Wahyudy menilai poros PDI Perjuangan dan PKB bisa terwujud di Pemilihan Gubernur Jawa Barat mendatang. 

Terlebih Ono Surono sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat telah mengantongi rekomendasi sebagai calon gubernur dari partainya. 

Demikian halnya dengan Acep Adang Ruhiyat yang juga sudah mengantongi dukungan final dari DPP PKB.

“Jadi Kang Ono merepresentasikan wilayah pantura (pantai utara), sementara Kiai Acep merepresentasikan Jawa Barat wilayah selatan. Kalau poros ini terjadi akan menarik kontestasi di Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2024,” ujar Fahmy di Bandung, Minggu (11/8/2024).

Selain itu, posisi Ono Surono secara proporsional memang sebagai calon gubernur, lantaran PDI Perjuangan memiliki jumlah kursi lebih banyak dari PKB yakni 17 berbanding 15. 

“Pasangan ini juga cukup menarik karena representasi dari tokoh nasional yang diwakili oleh Ono Surono dan sosok relijius yang ada pada diri Acep Adang Ruhiyat,” kata Fahmy. 

Untuk diketahui, Acep Adang Ruhiyat merupakan putra dari mantan Rois Aam PBNU KH Ilyas Ruhiyat yang juga pendiri Pondok Pesantren Cipasung Tasikmalaya.

Sejumlah pihak menyebut Pemilihan Gubernur Jawa Barat hanya akan diikuti oleh tiga pasangan calon. Jika melihat kecenderungannya, di Pemilihan Gubernur Jawa Barat ada tiga kutub koalisi yang akan mengusung pasangannya masing-masing. 

Yakni Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang terdiri dari Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional.

Koalisi yang kedua adalah Partai Nasional Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera yang sejauh ini telah melakukan beberapa kali pertemuan untuk membahas siapa yang akan diusung di Pemilihan Gubernur Jawa Barat mendatang.

Dan yang ketiga adalah kutub koalisi PDI Perjuangan dengan partai koalisinya yang hingga kini masih lebih cair dibanding yang lainnya.

Partai politik yang paling berpeluang gabung dengan PDI Perjuangan di Pemilihan Kepala Daerah Jawa Barat 2024 adalah PKB dan Partai Persatuan Pembangunan. (vil)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow