Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Momentum Ramadhan 1443 H, PLH PGPI Gelar Bukber Dengan Masyarakat Gunung Puntang

Momentum Ramadhan 1443 H, PLH PGPI Gelar Bukber Dengan Masyarakat Gunung Puntang

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS – Bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan 1443 H. Pecinta Lingkungan Hidup Persaudaraan Gunung Puntang Indonesia (PLH PGPI) melaksanakan buka bersama (Bukber) dengan masyarakat yang berada di kaki Gunung Puntang, di Wana Wisata Gunung Puntang, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (16/4/2022) malam.

Hadir dalam buka bersama tersebut, yakni puluhan anggota PGPI, Camat Cimaung Kasta Wiguna, Kapolsek Cimaung IPTU Yoni, Kades Campaka Mulya, Lembaga Kamanusiaan Rumah Zakat, Perhutani, Sunda Hejo, LMDH Bukit Amanah, LMDH Pasir Mulya, Yayasan Owa Jawa, Nagara Puntang dan Masyarakat Gunung Puntang.

Ketua PLH PGPI, Wahyu Budiman mengungkapkan, tujuan buka bersama ini, guna membangun semangat dan memperkuat tali silaturahmi.

Sekaligus, kata Budi panggilan akrab ketua PLH PGPI, kegiatan ini juga bertujuan untuk melakukan sosialisasi mengenai penting-nya hutan bagi kehidupan berkelanjutan masyarakat yang berada di kaki Gunung Puntang.

“Momentum bulan Ramadhan ini, kami melaksanakan silaturahmi agar terbangun sinergitas antara masyarakat dengan PLH PGPI maupun dengan pemerintahan.” kata Budi.

Pasalnya, lanjut Budi, menjaga lingkungan hidup tidak cukup dikerjakan secara programatik, melainkan membutuhkan pendekatan gerakan yang perlu keterlibatan semua pihak. Bila hal ini dikerjakan dengan optimal, maka kualitas lingkungan hidup akan menjadi lebih baik.

“Apabila ikhtiar untuk menjaga lingkungan hidup ini dikerjakan dengan gerakan, maka akan tumbuh kebiasaan baru untuk menjaga lingkungan hidup jika dikerjakan secara konsisten akan menjadi budaya dan memberikan dampak kepada kepada peradaban ke depannya,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Cimaung Kasta Wiguna mengatakan, guna membangun kesepakatan dalam rangka membangun tata kelola pemerintah yang baik, dari sisi keselamatan, pemahaman, nilai-nilai alam dan juga sejarah yang ada di Gunung Puntang.

Pihaknya pun telah melakukan koordinasi dengan para pecinta alam yang ada di Gunung Puntang yakni PLH PGPI, dan pemerintah setempat dan juga muspika.
 
“Adanya buka bersama ini, sangat mensupport PLH PGPI, mudah-mudahan dengan ada kegiatan ini bisa bersinergi sehingga bukan hanya wisata saja, tapi nilai-nilai lain khususnya menjaga alam itu tetap bisa terbangun,” tandasnya. (Ris/zyl)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow