Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Masa Pancaroba Masuki Musim Hujan, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Bandung Imbau Masyarakat Waspadai Bencana

Masa Pancaroba Masuki Musim Hujan, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Bandung Imbau Masyarakat Waspadai Bencana

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS – Memasuki musim penghujan, badai hidrometeorologi cukup mengancam masyarakat, mulai dari hujan es, banjir, angin kencang hingga longsor di beberapa daerah, termasuk Kabupaten Bandung.

Menyikapi hal tersebut, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Bandung, H. Yayat Hidayat mengimbau, agar masyarakat bisa lebih meningkatkan kewaspadaan di musim pancaroba ini.

“Mengingat di musim ini, intensitas curah hujan sangat tinggi dan disertai angin kencang, sehingga bisa memicu terjadinya bencana yang tidak diinginkan,” kata Yayat melalui telepon selular, Selasa (5/12).

Legislator dari Fraksi Gerindra itu menyampaikan, selain banjir dan angin kencang, longsor akibat pergeseran tanah pun tidak luput mengancam keamanan masyarakat.

Oleh sebab itu, Yayat menekankan perlu ada peningkatan kewaspadaan, terutama bagi masyarakat yang berdomisili di wilayah bencana.

“Perlu diingat, dampak dari pancaroba selain berpotensi ada terjadinya bencana, juga ada ancaman kesehatan berupa penyakit pernapasan yang akan dialami masyarakat. Itu sudah terjadi dari beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Kang Yayat juga mengimbau, agar masyarakat dapat menjaga kesehatan dan selalu waspada terhadap pergantian musim yang saat ini tengah terjadi.

“Segera lakukan koordinasi dengan aparatur setempat bila menemukan gejala-gejala akan terjadinya bencana,” ucapnya.

Kang Yayat menilai, hal tersebut berguna sebagai upaya untuk menghindari kerugian finansial juga merupakan salah satu upaya pengamanan keselamatan diri sendiri bagi warga.

“Sementara musim pancaroba dengan cuaca ekstrem ini, sesuai dengan informasi yang diperoleh, puncaknya akan terjadi di bulan Desember 2023 hingga Januari 2024,” pungkasnya.(yul)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow