Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Lumbung Sosial Mengefisienkan Penanganan Kebencanaan

Lumbung Sosial Mengefisienkan Penanganan Kebencanaan

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS.COM, KAB BANDUNG – Belum lama ini Menteri Sosial telah meresmikan lumbung sosial di wilayah Kabupaten Bandung.

Adanya Lumbung Sosial, sudah membantu masyarakat dalam beberapa kejadian, seperti rumah roboh, kebakaran, rumah ketiban pohon dan rumah longsor.

Hal tersebut dikatakan, Sekretaris Camat Baleendah yang sekaligus Plt Lurah Baleendah , Yusran Razak melalui Staf Sosbud Kecamatan Baleendah, Feni Kuswana, di Kelurahan Baleendah, Kecamatan, Kabupaten Bandung, Kamis (10/2/2022).

Sebelum ada lumbung sosial, lanjut Feni, untuk penyediaan bantuan itu harus meminta ijin terlebih dahulu ke ke Dinas Sosial Kabupaten Bandung dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung.
 
“Lumbung ini sangat membantu, setelah ada barang disini kita gunakan dengan sebaik pungkin, jadi waktunya lebih cepat. Kebituhan lumbung sementara ini cukup, kalau barang stok habis, kita pun akan pengajuan ke Kemensos melalui dinas sosial,” kata Feni.

Feni juga menjelaskan, selain untuk kebencanaan, lumbung sosial itu juga bisa digunakan untuk hal yang lain, diantaranya, kegiatan kerja bakti untuk antisiapasi terjadinya bencana, longsor dan banjir.

“Kita bisa memakai barang yang di lumbung, misalnya kaya kemarin di Kelurahan Baleendah itu ada kerja bakti Citarum Harum untuk pemeliharaan saluran air dalam rangka mencegah banjir,” kata Feni.

Diakatan Feni, dalam lumbung sosial tersebut terdapat sejumlah alat seperti genset, alat dapur, matras untuk para korban, sedangkan alat memasak digunakan untuk dapur umum apabila terjadi bencana atau pasca bencana. Untuk ketersediaan logistik pangan diantaranya, makanan kaleng seperti sarden, kornet dan kue.

Saat ini, kata Feni, hanya beberapa wilayah di Kabupaten Bandung yang sudah terbentuk lumbung sosial. Diantaranya, Kecamatan Baleendah, Kecamatan Bojongsoang dan Kecamatan Dayeuhkolot.

Bagi kecamatan yang belum terbentuk lumbung sosial, kata Feni, bisa mendapatkan bantuan dari lumbung sosial yang sudah ada di tiga kecamatan tersebut, dengab cara, kata Feni, adalah dengan menyerahkan pengajuan bantuan.
 
“Kalau misalnya kecamatan lain yang tidak ada lumbung membutuhkan bantuan bisa datang kesini atau ke lumbung Dayeuhkolot atau Bojongsoang. Namun sebelumnya harus pengajuan terlebih dahulu,” pungkasnya. (Jul)

 

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow