Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Legislator PKS Beberkan Teori yang Lahirkan Kebijakan Baik untuk Masyarakat

Legislator PKS Beberkan Teori yang Lahirkan Kebijakan Baik untuk Masyarakat

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS – Dengan berpedoman pada evidence based policy (kebijakan berbasis bukti), research based policy (kebijakan berbasis penelitian) dan since based policy (sejak kebijakan berbasis), akan tercipta pemerintahan yang baik (good governance).

Hal itu disampaikan anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera DPRD Kabupaten Bandung H. Dasep Kurnia Gunarudin, saat dihubungi, Jumat (30/9/2022).

Ketiga kriteria itu, sambungnya, merupakan teori-teori dasar hukum kebijakan yang akan melahirkan suatu kebijakan yang baik, dan tidak akan berbeda dengan kebijakan-kebijakan yang selama ini kita jarang sekali mendapatkan yang sifatnya tidak berfungsi di Kabupaten Bandung.

Termasuk dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda). Dari 15 raperda yang disodorkan hanya tiga yang lolos, diantaranya Raperda Perlindungan Mata Air, Bantuan Hukum bagi Warga Miskin, dan Perlindungan Petani, yang merupakan inisiasi DPRD yang selanjutnya akan masuk membahas perda tentang partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah,” paparnya.

Menurutnya, ini merupakan konsideran dari Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2017, dimana masyarakat dalam pembuatan perda atau peraturan-peraturan yang dibuat untuk masyarakat, diantaranya adalah skripsi pajak daerah segala hal yang sifatnya membebani masyarakat, maka masyarakat bisa berpartisipasi untuk menyampaikan aspirasinya.

“Namun ketika kita melihat pasal ketiga dari Peraturan Pemerintah Nomor 17 Nomor 45 Tahun 2017 ternyata memerlukan satu penjabaran. Penjabaran Itulah yang nanti akan ada muatan-muatan lokal yang sekiranya bisa dilaksanakan di kabupaten Bandung berdasarkan aspirasi berbagai lapisan masyarakat,” cetusnya.

Pada pembangunan daerah khususnya dalam pembentukan Perda untuk kedepannya ketika Perda ini sudah diundangkan, wajib hukumnya melibatkan masyarakat.

“Makanya ketiga kriteria yang tadi dijelaskan, seperti Evidence Based Policy, Research Based Policy, dan Since Based Policy, harus menjadi dasar dalam menciptakan pemerintahan yang baik dengan adanya keterlibatan masyarakat saat membuat kebijakan,” pungkasnya. (Yul/Vil)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow