Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Legislator PKB Tinjau Renovasi Rutilahu Program BSPS di Desa Sukamenak

Legislator PKB Tinjau Renovasi Rutilahu Program BSPS di Desa Sukamenak

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS – Anggota DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal meninjau pengerjaan renovasi rumah tidak layak huni (Rutilahu) sebanyak 25 unit, di Desa Sukamenak, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (24/9/2023)

Renovasi rutilahu tersebut dari
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Cucun mengapresiasi pemerintah desa yang fokus membantu masyarakat di wilayahnya.

“Penting bagi kami sebagai wakil rakyat untuk turun ke masyarakat dan mengetahui persoalan apa yang sedang dihadapi. Jadi pemerintah dengan program-program untuk masyarakat bisa tepat sasaran,” katanya.

Cucun memaparkan, pembangunan rutilahu pada tahun 2021, Kementerian PUPR melalui dirinya sudah memberikan bantuan program BSPS sebanyak 1.500 unit, tahun 2022 sebanyak 2.100 unit, dan tahun 2023 sebanyak 3.100 unit.

“Bantuan yang diberikan ke masyarakat untuk rehab rutilahu sebesar Rp20 juta per unitnya,” ujar Cucun.

Guna mencegah adannya oknum yang meminta pungutan liar, Cucun menegaskan, bahwa kepala desa, dan tim pendamping selalu memantau selama proses pembangunan rutilahu di daerah.

“Saya akan terus mengajukan aspirasi ke pemerintah pusat untuk mendapat bantuan BSPS dari Kementerian PUPR untuk warga di Dapil II yakni Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat,” kara Cucun.

Lebih lanjut lagi Cucun menegaskan, persoalan rutilahu juga akan berdampak pada stunting. Sehingga dibutuhkan lingkungan yang sehat dan bersih, agar anak-anak tumbuh menjadi generasi yang baik di masa depan.

“Pembangunan rutilahu akan terus saya perjuangkan di pusat, guna mengurangi angka stunting dan kemiskinan ekstrim,” tegasnya.

Selain itu, dirinya pun membuat program padat karya bagi masyarakat sekitar. Pasalnya, sebagai desa mandiri harus memiliki empowering.

Cucun juga mengapresiasi sejumlah inovasi yang dicetuskan oleh kepala Desa Sukamenak, salah satunya menjadikan daerahnya sebagai sentra usaha mikro kecil menengah (UMKM).

“Nanti juga ada pusat olahraga, mini soccer, yang bisa mendatangkan banyak orang, sehingga ada perputaran ekonomi di sini,” jelasnya.

“Saya juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten Bandung untuk berkolaborasi dengan pemerintah desa untuk menumbuhkembangkan daerah bersangkutan,” pungkas Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa DPR RI. (Yul)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow