Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Legislator PKB Tegaskan Jangan Sampai Ada Masyarakat Susah Berobat

Legislator PKB Tegaskan Jangan Sampai Ada Masyarakat Susah Berobat

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS – Wakil Ketua Badan Anggaran DPR RI Dr. H. Cucun Ahmad Syamsurijal menekankan tidak boleh ada lagi anak bangsa yang tak memperoleh pelayanan kesehatan. Seluruh lapisan masyarakat utamanya bagi yang tak mampu harus mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak dari negara.

“Ini perintah dari konstitusi, bahwa setiap warga negara berhak mendapat jaminan sosial diantaranya jaminan kesehatan. Layanan dasar seperti kesehatan ini penting, jangan sampai ada masyarakat yang tidak bisa berobat,” kata Cucun saat melaksanakan Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional, di Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Sabtu (30/9/2023).

Sehingga dengan BPJS Kesehatan, lanjut Cucun, ada sinergi antara penerima bantuan iuran (PBI) dengan non-PBI, sehingga ada gotong royong saling membantu satu sama lain. Maka itu, sosialisasi ini penting dilakukan agar masyarakat mengetahui negara hadir memberikan pelayanan.

“Untuk 2024, skema PBI akan kita rapikan, bukan melalui DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) tapi Regsosek (Registrasi Sosial Ekonomi), itu yang menjadi acuan kita untuk menentukan siapa yang berhak dan tidak berhak mendapatkan kartu BPJS Kesehatan PBI,” tuturnya.

Selain itu, Cucun juga menyatakan, bahwa Indonesia berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap warga negara memiliki akses pelayanan kesehatan yang berkualitas tanpa terkecuali.

“Negara berkontribusi untuk memastikan warganya mendapatkan jaminan kesehatan. Menurut data BPS (Badan Pusat Statistik) hingga dengan 1 Mei 2023, terdapat 254,9 juta penduduk Indonesia yang terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN),” ungkap Cucun.

Sebagaimana tugas DPR RI, kata Cucun, yaitu memastikan keberlangsungan amanat Undang-undang yaitu dalam hal ini pihaknya harus memastikan penyelenggaraan Program JKN berjalan dengan baik dan manfaatnya benar-benar dapat dirasakan warga Indonesia.

“Sehingga dengan diselenggarakannya kegiatan sosialisasi bersama ini dapat terlihat efektivitas Program JKN untuk masyarakat dan tentunya ini bentuk dukungan yang dibutuhkan oleh BPJS Kesehatan dalam meningkatkan mutu layanan kepada peserta,” tandasnya. (Yul)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow