Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Legislator PDI Perjuangan Dorong Peningkatan Kemampuan BUMNIP

Legislator PDI Perjuangan Dorong Peningkatan Kemampuan BUMNIP

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS – Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin angkat bicara soal pernyataan Presiden Joko Widodo terkait pembelian alat utama sistem senjata (alutsista).

Jokowi menekankan harus ada skala prioritas sebelum membeli alutsista.

“Saya setuju dengan pernyataan Presiden Jokowi. Pengadaan alutsista itu harus mempertimbangkan banyak hal, terutama tentang hakekat ancaman dan kemampuan  keuangan negara,” ujarnya, saat dikonfirmasi, Jumat (6/10/2023).

Hasanuddin juga mengungkapkan jika pengadaan alutsista wajib melibatkan Badan Usaha Milik Negara Industri Pertahanan (BUMNIP) dalam negeri.

Dia menegaskan setiap rupiah uang rakyat yang digunakan untuk membeli alutsista itu harus menjadi investasi negeri ini dan dipertanggung jawabkan kepada rakyat.

“Sia-sia saja kita membeli alutsista tua atau bekas pakai. Karena disamping perawatannya mahal, usia pakainya juga pendek dan tak ada nilai investasi untuk jangka panjang buat negeri ini,” cetusnya.

Hasanuddin menyarankan agar seluruh rencana pembelian alutsista bekas dihentikan dan segera tingkatkan kemampuan BUMNIP agar mampu  memproduksi  alutsista secara mandiri.

“Saya yakin kita pasti bisa memproduksi alutsista secara mandiri, tak perlu membeli alutsista bekas dari luar negeri,” pungkas legislator Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Sebelumnya saat memberikan sambutan dalam acara HUT ke-78 TNI yang digelar di Monumen Nasional Jakarta, Kamis (5/10/2023), Presiden Jokowi meminta agar belanja alutsista dilakukan dengan bijak karena menyangkut kekuatan anggaran yang dimiliki oleh Indonesia.

“Untuk urusan alutsista, memang modernisasi alutsista sangat diperlukan, tapi keuangan negara, anggaran negara, APBN kita sangat terbatas. Kebutuhan kesejahteraan rakyat sangatlah besar. Sehingga belanja alutsista harus dilakukan dengan bijak, baik besarannya maupun peruntukannya,” tegas Jokowi. (*)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow