Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Kunker ke ISBI, Ini yang Disampaikan Dede Yusuf

Kunker ke ISBI, Ini yang Disampaikan Dede Yusuf

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS - Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf Macan Effendi melakukan kunjungan kerja spesifik ke kampus Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, Minggu (28/7/2024). Dirinya diterima langsung Rektor ISBI Bandung Retno Dwimarwati. 

Dalam kesempatan tersebut, Rektor meminta dukungan atas sejumlah hal pelik yang dihadapi ISBI Bandung.

Retno menyebut gedung bundar di area depan kampus mangkrak karena dalam proses hukum di Kejaksaan Tinggi Jawa Barat. Lalu, pembangunan Kampus II di Cikamuning, Bandung Barat terkendala jual beli.

“Kita sudah dapat hibah dari provinsi 8,7 hektare, tapi sekarang terkendala penambahan area karena harganya. Dari awalnya Rp 125 ribu menjadi Rp 2 juta per meter,” ujarnya. 

Sedangkan Kampus II belum bisa dibangun karena kebutuhan lahan belum cukup seperti dipersyaratkan Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi. 

Namun, Dede Yusuf menilai, lahan yang tersedia sudah lebih dari cukup untuk dibangun. Tinggal desain dan konsep gedungnya ke atas. Tidak usah mengikuti konsep hamparan area yang luas.

“Pemilik lahan pasti mengunci kampus karena merasa tanahnya diperlukan,” tukasnya.

Oleh karena itu, Dede menyarankan konsep bangunannya diubah.
Dede lantas cerita saat Bandara Kertajati mau dibangun. Saat itu ada lahan yang “dikunci” pemilik lahan.

“Sebagai wakil gubernur saya putuskan gambar geser 300 meter. Pembangunan akhirnya bisa dimulai dan bandara pun beres,” ungkapnya.

Politisi Partai Demokrat ini menyarankan ISBI bergabung dalam asosiasi. Dengan bersatu maka suara kampus seni budaya makin kuat dan didengar pemerintah.

“Sebagai asosiasi saya undang ISBI datang ke Komisi X. Kita suarakan bahwa seni budaya perlu untuk propaganda negara ke luar. Kampus seni budaya harus jadi atensi negara, dengan dukungan anggaran negara,” pungkasnya. (*)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow