Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Kang Hasanuddin Wujudkan Keinginan Warga Miliki Rumah Layak Huni

Kang Hasanuddin Wujudkan Keinginan Warga Miliki Rumah Layak Huni

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS – Anggota DPR RI TB Hasanuddin meresmikan bantuan 5 rumah tidak layak huni (rutilahu) di Kabupaten Sumedang, Minggu (15/10/2023).

Salah seorang yang mendapatkan bantuan renovasi rutilahu adalah Sukarsa (75), warga Desa Singaparna, Kelurahan Regol Wetan, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

Rumah Sukarsa yang berada di bantaran kali ini sebelumnya nyaris roboh dan kerap diterjang banjir. Padahal rumah tersebut menjadi tempat tinggal bagi tiga kepala keluarga.

“Alhamdulillah, hari ini sudah selesai dan diresmikan 5 unit Rutilahu di Sumedang. Salah satunya rumah milik Pak Sukarsa ini,” ujar legislator dari Daerah Pemilihan Jawa Barat IX (Sumedang, Majalengka, Subang), usai melakukan peresmian di Kecamatan Sumedang Selatan.

Hasanuddin mengatakan, sejak pagi dirinya telah berkeliling Sumedang meresmikan bantuan rutilahu, yakni 2 unit di Desa Sindang Galih, Cimanggung, kemudian ke Gendereh, Buahdua dan Desa Singaparna Kelurahan Regol kecamatan Sumedang Selatan.

“Bantuan pembangunan rutilahu ini berawal dalam momen reses atau bertemu dengan masyarakat, sekira dua tahun lalu. Masyarakat sering kali bertanya kepada saya perihal program rutilahu ini,” tuturnya.

Namun setelah dicoba meminta kepada pemerintah daerah tak juga ada jawaban yang akhirnya dirinya mewujudkan keinginan masyarakat membangun rutilahu.

Anggarannya, kata Hasanuddin, diambil dari kantong pribadinya sementara pengerjaannya dilakukan secara bergotong royong oleh warga setempat.

“Setiap reses ada saja masyarakat yang tanya soal bantuan rutilahu. Setiap ketemu ditanyai terus pak kapan rutilahu, ya akhirnya saya nabung dan alhamdulillah ada rezekinya 100 juta bisa untuk membangun 5 rumah,” tutur Sekretaris Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan MPR RI.

Kang Hasanuddin menceritakan jika dari lima unit rutilahu itu berbeda-beda kondisinya.

Malah ada yang memang sudah habis terbakar di daerah Cimanggung, dan yang lainnya memang sudah sangat tidak layak untuk ditinggali.

Bahkan, lokasinya sangat terpencil hingga harus ditempuh dengan motor kemudian berjalan kaki.

“Rutilahu yang di Cimanggung itu kondisinya habis terbakar. Lokasinya jauh terpencil jalannya kecil dan terjal sehingga harus menggunakan motor lalu berjalan kaki cukup jauh,” ungkapnya.

Kang Hasanuddin mengakui bantuan rutilahu sebesar Rp 20 juta ini masih belum cukup karena rumah yang dibangun belum selesai dan banyak yang kekurangan.

Contohnya, diutarakan Kang Hasanuddin, rumah belum gunakan plafon, kurang plester atau acian.

Namun, dia berharap ada rezeki lebih agar bisa menjadikan rumah tinggal mereka benar-benar layak dan lebih manusiawi.

“Yang kami bantu itu adalah betul-betul orang tidak mampu dan sangat membutuhkan,” ucapnya.

Lebih jauh Kang Hasanuddin menyampaikan sejak dulu dia fokus pada bidang seni dan budaya.

Maka tak heran banyak lingkung seni dan budaya di Dapil IX Jawa Barat ini (Sumedang, Majalengka dan Subang) yang meminta alat-alat kesenian.

“Namun, dalam tahun terakhir ini banyak kebutuhan masyarakat yang justru sangat mendesak. Contohnya saja di salah satu daerah yang membutuhkan air bersih, ya otomatis saya beri bantuan untuk menyerap air tanah,” terangnya.

Hasanuddin menceritakan jika baru-baru ini juga telah membangun sumur artesis, yang awalnya dia menduga seperti di Jakarta yang hanya sekira 10-15 meter, ternyata di Sumedang ini lebih dari 50 meter udara belum keluar.

“Ya jadinya kita cobakan sampai airnya betul-betul keluar, lebih kurang sedalam 67 meter. Terang saja, anggaran pun jadi terus nambah beberapa kali lipat,” imbuhnya.

Namun Kang Hasanuddin menegaskan bahwa hal tersebut dilakukan semata-mata sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat di daerah pemilihannya, yang memang membutuhkan.

“Mudah-mudahan saja ada rezekinya, agar kami tetap membantu masyarakat secara nyata,” pungkasnya. (*)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow