Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

KAI Salurkan Bantuan TJSL Bina Lingkungan Sebesar 190 Juta

KAI Salurkan Bantuan TJSL Bina Lingkungan Sebesar 190 Juta

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS -- Bentuk kepedulian kepada lingkungan sekitarnya, PT KAI Daop 2 Bandung menyalurkan dana Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Purwakarta. 

Penyerahan dana TJSL tersebut dilaksanakan di Kantor PT KAI Daop 2 Bandung, Selasa (16/7/2024).

Executive Vice President Daerah Operasi 2 Bandung, Takdir Santoso menjelaskan, bantuan yang diberikan kali ini, berupa bantuan kegiatan pembangunan sarana ibadah dan kegiatan prasarana sekolah dengan nilai total bantuan sebesar Rp 190 juta.

"Sebagai wujud kepedulian KAI kepada masyarakat sekitar wilayah kerjanya, secara rutin dan terencana, PT KAI setiap tahunnya selalu menyalurkan bantuan TJSL," jelas Takdir.

"Diharapkan dengan adanya bantuan ini, bisa menjadi media komunikasi menjalin silaturahmi antara PT KAI dan masyarakat sekitarnya. Sehingga kehadiran PT KAI di tengah - tengah masyarakat, selain sebagai alat transportasi, juga bisa berfungsi sebagai mitra dalam pembangunan mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat," sambungnya.

Dikatakan Takdir, program pemberian bantuan TJSL tersebut, akan terus berlanjut dan sudah termasuk ke dalam program rutin dari PT KAI Daop 2 Bandung. 

"Berbagai program TJSL PT KAI Daop 2 Bandung yang telah diberikan diantaranya dalam bentuk sumbangan pendidikan, sumbangan pembangunan sarana ibadah, sumbangan pemasangan listrik gratis, sumbangan sembako dan prasarana umum lainnya," katanya.

Sementara itu, Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Ayep Hanapi memaparkan, di Daop 2 pihaknya memberikan TJSL lima dan dua di wilayah Tasikmalaya. 

"Total Bantuan Rp. 190 juta rupiah berupa sarana ibadah dan Sekolah," ujar Ayep.

Untuk penyaluran tahap pertama di tahun 2024, ungkap Ayep, diantaranya 
sarana ibadah di Masjid At-Tauhid di Puri Cipageran total Rp. 10 juta rupiah, pembangunan sarana ibadah renovasi Masjid As-Salam Rp. 20 juta rupiah, dan pembangunan sarana pendidikan di Sekolah SDN 05 Cihampelas Rp. 20 juta rupiah. 

Selain itu, lanjutnya, yakni 
pembangunan sarana Ibadah AKBP bekania Rancaekek sebesar Rp. 50 juta rupiah, Pembangunan sarana pendidikan berupa ruang kelas baru Yayasan Al-Fikri di Desa Cijantung Kecamatan Sukatani Rp. 20 juta rupiah, pembangunan sarana Pendidikan Asrama Pondok Pesantren As-Safirah Yayasan Mama Eyang Rende Rp. 20 juta rupiah dan yang terakhir pembangunan sarana Pendidikan berupa bantuan sarana di SMA Negri 3 Tasikmalaya Rp. 50 juta rupiah.

"Sebelum disalurkan, kita melakukan survei kelapangan, kita dahulukan yang lebih penting, nanti semuanya kebagian. Ini merupakan kepedulian KAI kepada masyarakat di wilayah Daop 2 Bandung," jelasnya.

Menurutnya, program dari TJSL tidak hanya pendidikan dan kelestarian alam, namun ada item-item lainnya, seperti pengetasan kemiskinan.

"Untuk pengetasan kemiskinan, seperti tahun lalu kita memberikan sembako," pungkasnya. (Yul)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow