Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

KAI Commuter Bakal Blacklist Pelaku Pelecehan Seksual di Kereta

KAI Commuter Bakal Blacklist Pelaku Pelecehan Seksual di Kereta

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS - Pelecehan seksual kerap kali terjadi di sarana transportasi KRL Commuter Line. PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter pun tak tinggal diam untuk menangani masalah tersebut. 

Salah satunya dengan menggelar Kampanye Stop Pelecehan Seksual di Transportasi Publik yang merupakan rangkaian HUT KAI Commuter ke-16 di Stasiun Bandung, Jumat (6/9/2024).

Vice President Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus menjelaskan, dalam mencegah tindak pelecehan seksual di transportasi publik, pihaknya sudah memiliki sistem Analytic Recognition (CCTV Analytic). Dengan sistem ini, pelaku pelecehan seksual bisa ditandai oleh KCI.

Penumpang yang pernah melakukan pelecehan seksual akan masuk daftar hitam atau blacklist, dengan begitu pencegahan pelecehan seksual bisa dilakukan.

“Sistem CCTV ini dapat mengidentifikasi melalui rekaman wajah pelaku tindak pelecehan maupun tindak kriminal lainnya, dan sudah menjadi database pada sistem. Dengan sistem ini, memungkinkan pencegahan pelaku tindak pelecehan dan tindak pidana lainnya di Commuter Line,” tuturnya. 

Berdasar data, tindak pelecehan seksual yang berhasil ditangkap tangan oleh petugas baik di stasiun ataupun di commuter line sepanjang Januari hingga Agustus 2024 sebanyak 39 kasus.

Dengan adanya kampanye tersebut, pihaknya berharap seluruh penumpang commuter line agar dapat mengantisipasi dan melapor jika melihat atau mengalami kejadian tersebut.

“Artinya dengan adanya sosialisasi yang terus dilakukan secara berkala ini, kami berharap baik yang melihat maupun korban berani melaporkan kepada petugas yang berwenang,” ucapnya. (Yully)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow