Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Jelang Operasi Ketupat Lodaya 2023, Satlantas Polresta Bandung Laksanakan Ramp Check

Jelang Operasi Ketupat Lodaya 2023, Satlantas Polresta Bandung Laksanakan Ramp Check

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS – Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polresta Bandung bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung melaksanakan Ramp Check di PO Bus Dian Holiday, Ciherang Kecamatan Cangkuang dan PO Bus Cs Trans, Cimaung Kabupaten Bandung.

Kegiatan ramp check kendaraan angkutan penumpang umum diawali dengan pelaksanaan apel yang dipimpin oleh Kasat Lantas Polresta Bandung di kantor Dishub Kabupaten Bandung.

Kegiatan Ramp Check tersebut juga melibatkan jajaran Sat Narkoba Polresta Bandung serta Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo melalui Kasat Lantas Polresta Bandung Kompol Mangku Anom mengatakan pemeriksaan ramp check tersebut bagian dari upaya mengantisipasi kecelakaan lalu lintas dengan melakukan pengecekan kendaraan umum jelang bulan Ramadan.

“Jadi Ramp Check ini dalam rangka kesiapan pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2023, dengan menyasar kendaraan angkutan umum,” kata Anom. Selasa, 21 Maret 2023.

Anom menambahkan selain memeriksa kendaraan angkutan umum, pihaknya juga melaksanakan pemeriksaan kesehatan dan tes urine para sopir.

“Tujuan ini adalah untuk mengantisipasi dengan tingginya mobilisasi masyarakat menjelang mudik ataupun lebaran masyarakat dapat terjamin keselamatannya sebagai pengguna jalan,” jelasny

“Karena kendaraan yang sudah di cek akan laik jalan serta pengemudinya karena sudah dicek kesehatan dalam kondisi baik,” sambungnya.

Pada kesempatan tersebut, petugas juga memeriksa administrasi kendaraan dan pengemudi meliputi buku kir, kartu pengawas ijin operasional, SIM, STNK dan KTP.

Selain itu juga melakukan pengecekan aspek teknis kelaikan kendaraan, baik utama (kondisi ban, penerangan, pengereman, kaca depan, sabuk keselamatan) maupun penunjang (pengukur kecepatan, spion, klakson dan lain-lain.

“Alhamdulilah semua kendaraan dalam keadaan laik jalan dan pengemudi juga dalam keadaan sehat,” tutur Anom.

Anom juga memberikan imbauan kepada awak angkutan untuk selalu tertib dalam berlalu lintas, mematuhi peraturan lalu lintas dan mengemudikan kendaraan dengan sadar dan penuh konsentrasi.

“Yang paling penting adalah tidak ugal-ugalan yang dapat membahayakan keselamatan para pengguna jalan,” pungkasnya. (Yul)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow