Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Jebol Tanggul Sungai Cigede Dayeuhkolot, Mengakibatkan Ratusan Rumah Terendam Banjir

Jebol Tanggul Sungai Cigede Dayeuhkolot, Mengakibatkan Ratusan Rumah Terendam Banjir

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS – Banjir merendam ratusan rumah warga RW 5, 16, dan 17, Kampungan Lamajang Peuntas, Desa Citereup, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (11/1/2024).

Banjir terjadi akibat derasnya arus Sungai Cigede, menyebabkan tanggul penahan air jebol, sekitar Pukul 17.30 WIB.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Uka Suska Puji Utama mengatakan, saat ini Tim SAR gabungan masih melakukan evakuasi warga yang terdampak jebolnya Sungai Cigede.

“Para korban saat ini di evakuasi ke rumah warga yang tidak terdampak banjir,” ujar Uka saat di konfirmasi.

“Jebol kirmir karena arus air-nya deras, sehingga tanggulnya tidak kuat menahan air. Luapan air terjadi setelah kejadian banjir di wilayah Kota Bandung,” sambungnya.

Dikatakan Uka, banjir yang merendam permukiman warga dengan ketinggian air mencapai sekitar 2 meter.

“Banyak warga yang terjebak dan tidak bisa menyelamatkan diri serta barang-barangnya, karena air datang dengan tiba-tiba,” jelasnya.

Setelah mendapatkan informasi, lanjut Uka, untuk penanganan bencana banjir ini, pihaknya langsung koordinasi dengan Basarnas Bandung, PUTR Kabupaten Bandung, Disperkimtan, Dinas Kesehatan, Damkar, Dinsos, PMI, dan PLN.

Menurut pantauan, akibat hujan deras di wilayah Bandung selatan, banjir telah merendam akses jalan wilayah Cikarees, Kecamatan Baleendah dengan ketinggian sekitar 35 centimeter.

Selain itu, banjir juga merendam akses Jalan Raya Dayeuhkolot, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, tepatnya depan Kantor Pos dengan ketinggian sekitar 60 centimeter, sehingga akses jalan tidak bisa dilalui kendaraan. (Yul)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow