Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Guna Memiliki Daya Saing, BUMD Perlu Ada Penerapa GCG

Guna Memiliki Daya Saing, BUMD Perlu Ada Penerapa GCG

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS – Guna memiliki daya saing, maka pengelolaan Badan usaha milik daerah (BUMD) harus lebih profesional. Oleh karena itu, diperlukan tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate govermance (GCG).

Hal tersebut dikatakan, Bupati Bandung, Dadang Supriatna, saat digelarnya Sosialisasi Penerapan GCG di BUMD, di wilayah Kabupaten Bandung, yang digelar Perumda Air Minum Tirta Raharja, Jumat (12/8/2022).

“Perlunya penerapan GCG, BUMD perlu didorong lebih profesional melalui sinergitas, supaya lebih optimal dan memiliki daya saing,” kata Dadang.

Oleh karena itu, lanjut Dadang, implementasi GCG sangat memerlukan komitmen seluruh organ perusahaan secara berkesinambungan.

“Penerapn GCG bukan lagi suatu pilihan, tetapi merupakan keharusan,” ujarnya.

Menurut Dadang, dengan GCG, maka BUMD akan semakin berkontribusi pada roda perekenomian, serta menjadikan iklim usaha yang kondusif bagi perkembangan investasi.

“Pada dasarnya BUMD ini lokus kepada pelayanan masyarakat, dengan adanya sosialisasi ini, agar mampu melahirkan suatu kesimpulan yang bisa diterapkan pada pengelolaan manajemen perusahaan,” jelas Dadang.

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Raharja, Ir. H. Rudi Kusmayadi mengungkapkan, dasar adanya GCG, PP nomor 54 tahun 2017.

Maka, lanjut Rudi, disebutkan bahwa BUMD di seluruh Indonesia harus membentuk komite atau aturan yang mengacu kepada GCG.

Lebih lanjut lagi Rudi menjelaskan, GCG merupakan pengelolaan perusahaan dengan terbuka, akuntabel, dan dapat dipercaya.

“Di Tirta Raharja, GCG sudah berjalan dan mungkin yang pertama di Jawa Barat. Dua minggu lalu kita diaudit, hasilnya dari 319 parameter masih ada sekitar 31 patameter yang harus diperbaiki. Mudah-mudahan akhir tahun ini selesai, sehingga 2023 sudah bisa disahkan,” pungkas Rudi. (Yul)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow