Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

Generasi Muda Perlu Tanamkan Empat Pilar Kebangsaan

Generasi Muda Perlu Tanamkan Empat Pilar Kebangsaan

Smallest Font
Largest Font

LIRIK NEWS – Anggota MPR RI H. Yadi Srimulyadi melaksanakan kegiatan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, di wilayah Parongpong, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (13/12/2023).

Menurutnya, sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan harus terus digaungkan dalam hati setiap anak bangsa yang mendiami Republik Indonesia.

“Agar menjadi pedoman berperilaku bagi anak bangsa untuk mengisi sejarah pembangunan negeri ini,” kata Yadi.

Diketahui, Empat pilar kebangsaan yang dimaksud itu, adalah Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

Yadi menjelaskan, sejak dini anak bangsa harus diterapkan Empat Pilar Kebangsaan, namun materi sosialisasi untuk kalangan itu harus juga disesuaikan.

“Seperti sosialisasi untuk siswa siswi TK dan Paud, materi sosialisasi mesti disesuaikan dengan usia mereka,” jelasnya.

Yadi menilai, sosialisasi bisa diterapkan dengan beragam teknis penyampaian. Antara lain, melalui berbagai permainan yang menarik, diantaranya angkat permainan daerah-daerah di Indonesia.  

“Selanjutnya, bisa diperkenalkan juga seni budaya daerah seperti lagu, tarian, pakaian adat serta bahasa daerah,” ujarnya.

Menurut Yadi, hal tersebut sangat penting diperkenalkan kepada anak usia dini, mereka bisa mengetahui dan mencintai budaya daerah.

“Kenapa ini saya tekankan, sebab generasi muda adalah generasi penerus kepemimpinan bangsa,” ucapnya.

Selain dibekali dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, generasi muda juga harus dibekali dengan pemahaman akan nilai-nilai luhur bangsanya.  

Perpaduan antara tingginya intelektualitas dan tebalnya karakter bangsa, akan tampil pada generasi masa depan yang kuat menghadapi tantangan global.

“Satu lagi yang ingin disampaikan bahwa melihat begitu pentingnya Sosialisasi Empat Pilar untuk bangsa Indonesia, Pimpinan MPR membuat kebijakan untuk kegiatan sosialisasi akan lebih ditingkatkan lagi,” imbuhnya.

Yadi mengaku, pihaknya menjalankan kegiatan sosialisasi itu, dengan sepenuh hati dan semaksimal mungkin.

“Namun, melakukan upaya pemahaman nilai-nilai luhur bangsa adalah tanggung jawab bersama,” bebernya.

Yadi menerangkan, sinergitas dan saling bergandeng tangan dalam melakukan sosialisasi tersebut, akan semakin menyempurnakan hasil.

“Saya berharap dengan semakin meningkatnya kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR di tahun 2024 mendatang, akan semakin mempertebal kecintaan setiap anak bangsa kepada tanah air dan mempertebal karakter dan jati diri,” terangnya.

“Sehingga bangsa ini akan mampu menghadapi berbagai masalah dan tantangan internal dan global yang semakin kompleks,” pungkas Yadi. (Yul)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow