Menu
Close
  • Halaman

  • Redaksi

Liriknews.com

Berita Sesuai Fakta

DPRD Minta Refocusing Tak Ganggu Program Prioritas

DPRD Minta Refocusing Tak Ganggu Program Prioritas

Smallest Font
Largest Font

LIRIKNEWS - Ketua DPRD Kabupaten Bandung Sugianto menanggapi adanya wacana refocusing yang akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Bandung. Dia meminta refocusing untuk tidak mengganggu strategi program-program yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat.

“Refocusing merupakan efisiensi yang dilakukan pihak eksekutif. Oleh karena itu, pandangan kami terhadap efisiensi yang dilakukan ini tentu pihak eksekutif harus betul-betul secara matang perencanaannya,” kata Sugianto, di Gedung DPRD Kabupaten Bandung, Selasa (25/6/2024).

Hal ini lantaran, kebijakan akan kembali kepada perencanaan-perencanaan sebelumnya yang merupakan tahapan-tahapan pelaksanaan pembangunan yang berasal dari musyawarah di tingkat desa, kecamatan, hingga kabupaten.

“Ini jelas berkaitan dengan sisa waktu yang dihitung pada tahun 2024 ini, jika memang ada potensi yang tidak terserap pada semester tahun ini, tentunya akan menjadi bahan pertimbangan selanjutnya,” katanya.

Namun, sambil berharap hal tersebut tidak mengganggu program-program strategi yang sudah direncanakan sebelumnya dan melalui proses yang sangat panjang.

“Jadi kalau ada mengganggu, saya pikir perlu meninjau ulang kaitan dengan efisiensi bantuan ini, karena pasti akan sangat mengganggu terhadap kinerja terhadap pencapaian RPJMD yang sudah direncanakan, dan perlu dikaji ulang sesuai dengan situasi dan kondisi sekarang ini,” ucapnya.

Dirinya mengaku baru sebatas menerima informasi terkait refocusing ini. Supaya kebijakan ini lebih matang, akan dilakukan saat proses pembahasan APBD Perubahan.

“Baru kita akan mendengar alasan konkrit terhadap efisiensi yang dilakukan,” ujarnya.

Jika terindikasi mengganggu hal yang strategis apalagi dengan kebutuhan dasar, dia sangat setuju dengan efisiensi. Karena hal itu harus terserap dan bisa mencukupi sesuai dengan program perencanaan.

“Tapi kalau mengganggu urusan-urusan dasar, saya pikir ini harus ditinjau ulang kembali,” menyimpulkan. (Yul)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow